Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Kenapa Belum Menikah?

Judulnya mirip banget sama salah satu mini series di Youtube. Nonton ini gegara disaranin temen katanya bagus, terus ya udah nonton aja dan emang beneran seru. Pokoknya ditonton banget lah dari episode 1 sampe yang terakhir. Well, intinya menceritakan kisah orang-orang yang belum nikah. Seru sih, karena tiap episodenya ceritanya beda-beda  Ya setiap orang kan ceritanya juga beda ya 🤣. Dan ini lah versi cerita saya wkwkw.

Kenapa Belum Menikah?

Kalau ditanya diusia saya yang beberapa bulan lagi 27 jawabannya karena Allah belum mempertemukan saya dengan jodoh yang tepat buat saya hehehe. Selain itu kenapa Allah belum mengizinkan saya menikah ya tiada bukan dan tiada lain karena diri ini masih banyak banget minusnya, ya banyak dan sangat banyak terutama masalah agama dan hati yang kotor. Hati yang ketika jatuh cinta bukan semakin banyak inget Allah tapi malah inget ciptaannya. Akhirnya hatinya nggak bersih, pun mata dan pikiran jadi nggak terjaga. Padahal memandang suatu hal yang belum halal bisa jadi bikin nambah penyakit ke hati dan pastinya mikirin Allahnya jadi yang kesekian 😭, ya Rabb astagfirullah maafkan hambamu ini yang sering khilaf.

Ketika orang-orang bikin target nikah diusia berapa, sekarang saya justru sama sekali nggak mau pasang target nikah diusia berapa. Karena pernah ngerasain bikin target nikah kapan daaannn sangat berhasil gagal dengan sangat sempurna serta meninggalkan linangan air mata hahhaa. Jadi waktu kuliah temen-temen sekelas pada bikin list kapan target nikah bahkan sampai tanggal berapa dia bakalan nikah, dan qodarullah ada temen saya yang passss banget sama target yang direncanakan. Nah berhubung ada yg berhasil, jadi saya bismillah aja bikin. Kalau dulu bikinnya hanya usia aja, tapi sekarang saya bikin sama tanggal persisnya kapan, pun tentu saja setelah saya mempertimbangkan satu dan lain hal.

Bikin target sekitar tahun 2014. Secara tahun ini kita lagi pada skripsian dan lagi geltol-getolnya bikin rencana hidup ke depan mau kaya gimana. Termasuk salah satunya bikin rencana mau nikah kapan hehhee. Nah akhirnya saya memikirkan tanggal cantik dan tentu saja sambil buka kalender HP, tanggal mana yang kira-kira tepat buat dijadiin tanggal nikah hehhe.

Akhirnya saya kepikiran satu tanggal yang sangat cantik, dan ternyata itu adalah tanggal bersejarah juga buat Indonesia hahaha. Yups saya tahun 2014 merencanakan menikah tanggal 18 Agustus 2018 hahha, dan pas liat kalender paaasss banget hari Sabtu. Terus tanggal 17 nya kan libur dan itu hari Jum'at, jadi cocok lah long weekend wkwkkw. Akhirnya bismillah, saya bikin tuh reminder di HP kalau saya tanggal segitu bakalan nikah. Daannn ya pemirsa, ternyata memang tanggal segitu tidak terjadi pernikahan seperti yang saya rencanakan 4 tahun lalu. Kenapa? Berikut ceritanya.

Jadi emang pas kepikiran nikah tanggal segitu, emang sama sekali belum kepikiran bakalan nikah sama siapa. Secara ya saya kan kaga pacaran juga dan emang nggak mau pacaran, jadi ya nggak mungkin nanyain kepastian kapan mau nikah ke calon hahha. Tapi yang saya pikirkan, Allah itu selalu punya rencana jadi ya selama 4 tahun pasti aja ada cerita-cerita seru yang Allah kasih, dan ya ternyata memang benar adanya. Begitu banyak cerita terjadi selama 4 tahun ini. Cerita yang pada akhirnya mengantarkan pada satu titik dimana seharusnya fokus itu terus memperbaiki diri dan mendekat ke Allah. Karena Allah itu yang punya jodoh, jadi ya deketin Allahnya bukan deketin manusianya.

Berbagai cerita terjadi. Dimulai ketika tahun 2015 Allah mempertemukan dengan seseorang yang entah kenapa bikin saya baper sebaper-bapernya dan tentu aja bikin yakin kalau orang buat tanggal 18 Agustus 2018 adalah dia, meski memang kenyataannya enggak karena dia malah memilih temen deket saya wkwkw. Tapi hikmahnya, setelah saya kenal dia saya jadi lebih mau buat belajar Islam lagi. Jadi lebih mau dateng ke kajian-kajian, utamanya waktu itu saya kerja di Bandung dan Bandung kajian anak mudanya banyaakkk banget jadinya saya suka bikin list mana aja yang mau saya datengin hehhe. Selain itu, mencoba memperbanyak ilmu dengan dengerin ceramah di Youtube terutama kalau isi kajiannya tentang pernikahan hahaha. Apa ya, di mata saya dia terlalu sholeh dan saya ngerasa saya belum sholehah jadi ya memperbaiki biar Allah nilai saya pantes buat dia (mungkin niat awal saya salah 😭), dan ya ternyata saya emang nggak pantes buat dia. Ya udah mau gimana lagi, toh ini Allah yang mau kan masa kita nggak suka sama ketentuan Allah? Walau memang sangat perih tapi ya diambil hikmahnya aja. Dengan skenario ini secara nggak langsung Allah nuntun saya buat lebih getol belajar agama dan tentu saja memperbaiki diri.

Setelah cerita itu kandas, temen-temen saya berusaha mencarikan. Entah itu temen deket, temen sekelas pas kuliah, kakak tingkat, ibu-ibu yang kenal pas pengajian, hingga temen di kelas parenting. Hasilnya? Dari yang nggak ada kabar sama sekali, ternyata yang mau dikenalin udah punya calon, sampe yang ketika nama saya disebut (pernah juga tukeran CV sekali hahha) dua atau tiga hari kemudian berakhir dengan jawaban "Maaf nggak lanjut" 🤣. Ya Rabb, sebegitu tidak pantas kah diri ini untuk menikah? Tapi ya kita kan nggak boleh berputus asa. Apa lagi masalah jodoh yang udah jelas-jelas Allah janjikan. Jadi sekarang perbaiki diri terus biar Allah yang menilai, nanti juga kalau Allah nilai udah saatnya, PASTI Allah kasih jalan. Jadi selama Allah belum kasih, berarti emang belum pantes dan tentu saja belum waktunya.

Oh iya, saya punya cerita yang super menginspirasi saya. Jadi saya punya kakak tingkat yang cantik banget dan tentu saja shalehah banget di mata saya. Selain itu kakanya juga pinter, beliau selesai S2 di ITB juga cepet dan setelah lulus S2 punya karir bagus sebagai dosen. Selain itu punya bisnis baju Muslimah juga. Ah pokoknya kalau kriteria wanita dinikahi karena 4 hal, udah pasti teteh ini masuk semua kategori itu. Namun ternyata beliau tidak begitu mulus dan mudah dalam bertemu dengan jodohnya. Hingga akhirnya sekitar beberapa minggu yang lalu beliau menikah. Ya beliau menikah, terharu banget saya pas tau kabar itu. Apa lagi setelah tau cerita bertemu dengan jodohnya yang hanya sekitar 3.5 bulan saja dan mantap untuk langsung menikah. Ya Rabb rencanaMu memang selalu rencana yang terbaik. Oleh karena itu pas tau cerita ini, saya makin yakin kalau Allah itu selalu mempertemukan seseorang diwaktu yang sangat tepat.

Saya dinasehatin sama temen deket saya pas SMA dan tentu saja dia udah nikah. Saya dinasehatin kalau nikah itu harus beneran karena Allah dan tentu saja ibadah. Nggak boleh ada alesan lain selain itu, misal karena alesan usia apa lagi orangtua. Meski ya emang orangtua saya dalam hitungan bulan udah masuk usia 60 dan segera pensiun, dan tentu saja selalu nyindir kapan saya nikah. Ya itu sangatlah tidak tepat untuk dijadikan alasan agar ngotot segera menikah. Karena ya mau gimana, hilal jodohnya juga belum nampak keberadaannya hahahha.

Jodoh itu ibarat kita mau beli sepatu. Kita meski demen sama modelnya, tapi kalau ukurannya nggak pas ya nggak mungkin juga kita beli. Kan kalau dipaksain beli nggak enak juga dipakenya. Pun ketika nomernya pas, belum tentu modelnya cocok. Nah namun tentu saja akan ada entah di toko sepatu yang mana ada model sepatu yang bukan hanya modelnya aja yang cocok namun ukurannya juga sangat nyaman di kaki (nah kalau jodoh sangat nyaman di hati 🤣).

Dan ternyata 18 Agustus 2018 Allah menciptakan moment indah untuk hidup saya. Jadi ternyata episode saya tanggal segitu dirancang buat saya belajar lagi. Ya, saya ikutan pesantren tiap weekend di Bandung. Meski rada gila juga sih, karena tiap minggu musti bulak-balik Tasik-Bandung, tapi ya nggak apa-apa. Saya sih mikirnya sebelum usia 30, harus ada banyak hal yang saya lakukan. Terutama bagaimana diri ini untuk selalu menjadi pribadi yang terus tidak pernah puas untuk selalu memperbaiki diri. Meski ya tetep pesan sponsor sebelum saya berangkat bilang "Kali aja teteh dipertemukan jodohnya di sana" dan saya jawab "Teteh ke sana buat belajar bu, bukan cari jodoh. Lurusin niatnya bu" terus dibales gini "Ya siapa tau teh, nanti di sana dapet yang sholeh" hemmhh akhirnya saya cuman bisa mengaminkan.

Karena kita nggak akan pernah tau kan diepisode mana kita akan bertemu dengan dia 😊

Bandung-Tasik, 3 September 2018

Perjalanan pulang di dalam bis



Berulang kali dan terus terjadi
Penantian cinta tak kunjung tiba
Sampai kapan ku harus menanti
Tabir cintaMu tuhan bukalah
Ku sadar semua atas kehendakMu
Kau pilihkan yang terbaik untukku
Namun do'a ku tak kan terhenti
Munajad hamba sepenuh hati
Dan kujalani hidup walau perih di hati
Cukup kepadaMu tuhan kusandarkan diri
Sirnakan dahaga hatiku yang trus menanti
Beri petunjuk tabir cintaMu
Ku pasrah dan berdo'a atas semua takdirku
Kan kusibak rahasia tabir cinta dariMu
Oh tuhan ku percaya penantian hatiku kan berakhir di batas waktu
-Tabir Cinta Suby Ina-

Komentar

  1. Jangan biarkan orang lain memburu-memburu kita dengan lini waktu mereka, you have your own pace. Belum menikah tidak menjadikan kita kurang punya kesempatan untuk menjadi sebermanfaat mungkin. Work it out your way! XOXO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaa...sukaaaaa 😍. Makasih banyak kaka 🙏🏻☺️

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan