Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Rajata

Rencananya karena mau training karyawan, jadi saya yang sebagai atasannya disuruh training duluan sebelum mereka (ehm). Namun karena satu dan lain hal, dan posisi saya nanti lebih ke menejemen jadi katanya saya nggak usah training di Labschool. Well saya padahal seneng sih disuruh "bantu-bantu" di sana, soalnya jadi main sama anak-anak hahhaha.

Nah rencana awal minggu ini saya training sampe Agustus akhir. Namun saya endingnya nggak jadi training. Nanti aja biar karyawan aja yang training (nany). Ya saya sih nurut aja sama pemilik modal hahaha. Namun tiba-tiba pihak labschool minta bantuan saya, karena ada staff yang nggak masuk dan mereka kerepotan. Oke lah, daripada saya memble di kosan karena kerjaan saya udah pada kelar, jadi saya iyahin aja tawarannya.

Pas ke sana. Posisi saya pada hari itu jadi shadow teacher alias guru pendamping. Tapi tunggu diantara sekian anak, ada satu anak yang dari bajunya beda sama anak yang lain (pake baju bebas). Oleh karena itu saya berkesimpulan merupakan siswa baru.

Tapiiii
Ko dia nggak bisa diem ya. Lari sana lari sini, tiduran, dll padahal anak lain udah mulai berdo'a buat mengawali kegiatan. Nah terus pas kegiatan jurnal, barulah pertanyaan saya terjawab. Dia nggak ngerti bahasa Indonesia. Oalah, pantesan coba. Pantesan dia nggak ngerti sama perintah gurunya. Pantesan ketika dinasihatin dia mengabaikan.

Hingga saya berusaha PDKT sama dia. Meski ya meski bahasa saya emang ekstra minimalis (hahaha), apa lagi dia anak-anak ya. Spellingnya kaga jelas. Awal denger semacem orang kumur-kumur. Dan entah kenapa saya langsung ngebayangin gimana kalau saya tinggal di LN dan anak saya yang masih kecil cuman bisa Indo. Oke lah, saya mulai berani deketin dia dengan kemampuan bahasa yang pas-pasan.

Oh iya, namanya Rajata. Anak laki-laki yang ganteng untuk anak seusianya. Rambutnya ikal kecoklatan. Meski bola matanya kecil, namun dia memiliki sorot mata yang tajam. Saya nggak tau dia itu blasteran apa orang LN asli atau gimana. Penampakannya mirip-mirip sepupu saya yang campuran Padang-Manado-Sunda. Ah udah lah, nggak penting dia asalnya dari mana. Pokoknya dia nggak ngerti Indo.

Well, pas jam istirahat setelah jurnal. Saya berusaha perhatiin dia. Bukan apa-apa, soalnya dia aktif banget. Manjat sana manjat sini, main puter-puteran sampe kenceng banget sambil teriak-teriak "Faster... Faster... Aaaa so funny, I like it" dan ya, Rajata cuman demen main manjat-manjat sama puter-puteran "Look, I'm so high" sambil ketawa bangga, terus saya cuman nimpalin "Oh my God Rajata. You look so high and I'm so small" daannn dia puas banget denger jawaban saya sambil cekikikan.

Karena eh karena saya PDKT sama Rajata (tentunya sambil merhatiin anak yang lain juga). Rajata jadi caper banget. Dikit-dikit "Look at me" terus saya jabawab "I see you Rajata" terus dia senyum sambil nerusin mainnya. Dan terus kaya gitu. Hingga dia drama, terjebak diantara jaring-jaring "Look at me" kata Rajata kali ini dengan muka dibuat pasrah. "Do you need my help Rajata?" denger itu dia ngangguk sambil senyum-senyum "Yeah, I need your help" hadeuuh ni bocah dan saya bantu dia keluar dari jaring-jaring. Terus dia asik main lagi, tapiii eh dia malah drama banget sering ke jebak. Awalnya saya bantuin hingga ke sekian kali. Namun saya mulai mikir "Ini anak lagi caper deh" dan pas dia drama lagi, saya bilang "Rajata, I believe you can without my help" terus nggak beberapa lama dia EMANG BENERAN BISA ke luar dari jaring sambil senyum-senyum, terus saya bilang "You are awesome Rajata" dan dia lagi-lagi tersenyum.

Jam istirahat habis dan waktunya kembali ke kelas. Dan ya lagi-lagi saya harus terjemahkan apa perintah gurunya agar Rajata ngerti dan ikutin perintahnya. Dari mulai makan, berdo'a, beresin kursi, dll. Well Rajata sebenernya tipe anak yang meski aktif banget, tapi dia nice banget sebenernya. Kalau saya suruh dia nggak pake nunggu lama langsung ngerjain perintahnya dan dia melakukannya dengan sangat baik. Ah Rajata, lucu banget sih Na.

Hingga pas bagian do'a. Rajata bingung kali ya sama do'a yang pake bahasa Arab. Saya nggak tau sih agama dia apa, tapi kata gurunya yang Kristen cuman Ivana sama Aga, dannn pas saya dusuruh bimbing do'a buat Ivana dan Aga, saya berasa mempertaruhkan iman saya. Soalnya saya disuruh ajarin do'a dengan cara mereka. Karena saya nggak mau ikutin do'a ala mereka, saya ganti aja sama bahasanya yang universal "Tuhan terima kasih atas makanan yang Engkau berikan hari ini" dan ngedenger itu Ivana sama Aga cuman mandang saya aneh, karena do'anya beda sama yang biasa. Nggak apa-apa deh ya nak, daripada aqidah saya tergadai hanya karena beberapa kalimat heheh.

Oke, balik ke Rajata. Berarti kalau cuman Ivana dan Aga yang kristen, Rajata Islam dong. Well pas waktu itu saya cuman nanya "Rajata, do you pray before you sleep?" dia cuman ngangguk dengernya, terus saya nanya lagi "How?" Rajata menatap mata saya terus bilang "Allah... Allah" ngedenger itu bukan saya yang senyum-senyum tapi gurunya juga terus diajarin deh do'a sebelum tidur, meski Rajata masih aga kesulitan ngucapinnya.

Saya keingetan pas pertama kali saya masuk TK, dan itu lah kali pertama saya kenal Bahasa Indonesia. Selama di rumah saya full Sunda. Apa lagi nenek dan kakek saya berbicara dengan bahasa Sunda yang sangat halus. Meski ibu saya guru bahasa Indonesia di SMA, namun beliau nggak pernah memperkenalkan bahasa Indonesia kepada saya sewaktu saya kecil. Beliau tetap menggunakan bahasa Sunda yang halus. Akhirnya saya tau alasannya mengapa, kata Ibu bahasa Indonesia itu bakalan ngerti dengan sendirinya, kalau bahasa Sunda beda. Bahasa Sunda banyak tingkatannya dan mulai ditinggalkan, makanya kalau nggak dari keluarga yang ngajarin susah nantinya. Dan bener lama ke lamaan nggak nyampe setahun saya ngerti Bahasa Indonesia.

Lucunya pas TK saya nggak bisa temenan sama siapa pun karena nggak ngerti temen-temen saya ngomong apa. Hingga ada temen yang mau temenan sama saya, meski dia nggak ngerti sama bahasa saya. Jadi kita berkomunikasi melalui nany nya. Beliau selalu nerjemahin setiap kalimat yang saya dan teman saya katakan. Hingga kami berdua menjadi teman yang dekat.

Balik ke Rajata. Pas pulang dia dijemput pengasuhnya yang usianya sudah lumayan tua. Pas saya perhatikan pengasuhnya terus berbicara pake bahasa Indonesia. Oh Rajata, nggak kebayang rasanya kalau ternyata cuman ortunya yang ngerti bahasa Rajata di rumah. Sementara ortunya sibuk dan pengasuhnya nggak ngerti apa yang dia omongin. Padahal anak seusia dia lagi butuh-butuhnya orang yang selalu ada di sisinya buat nemenin dia belajar banyak hal, biar perkembangannya optimal terutama perkembangan kognitif dan emosinya.

Dear Rajata
Makasih banyak buat pertemuan singkatnya kemarin. Saya bener-bener belajar banyak dari kamu nak. I will really miss you bad Rajata.

Komentar

  1. Kata kepseknya nggak boleh ambil foto yang keliatan jelas wajah anaknya Lis hahah. Pokoknya Rajata ganteng deh hahahah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.