Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Aliran Rasa IIP

Nama : Saniatu Aini
Kelas : Matrikulasi IIP Bandung 2 Batch #4

Finally, Alhamdulillah
Sampai juga dipenghujung kelas matrikulasi. Well, ini adalah tugas terakhir sebelum kita dinyatakan lulus atau tidak. Jadi tugasnya kali ini lebih ke curhat mengenai perasaan selama di IIP.

Jadi sejujurnya saya nggak tau IIP itu apaan. Cuman suatu sore Fatma ngebroadcast pengumuman IIP via WA, dan menyarankan biar ikut. Akhirnya setelah saya pikir-pikir ya lumayan juga buat nambah ilmu. Lagian ini bisa jadi ilmu baru dengan sudut pandang yang baru. Meski selama kuliah saya belajar juga ilmu keluarga, tapi kan tapi itu based on para ahli ya (teori) nah ini berdasarkan praktisi. Well, akhirnya dengan niat nambah ilmu saya gabung IIP.

Awal gabung aga kaget sih. Soalnya hampir semua anggota isinya mamak-mamak, dan yang paling bikin baper banyak yang seumuran malahan jauh lebih muda tapi udah nikah dan punya anak (ehm). Ya udah lah ya, saya yakin ko tiap orang punya zona waktunya tersendiri. Jadi ya saya berpikir positif aja, bahwa Allah sayang sama saya. Jadi saya nggak diizinkan nikah sampe sekarang sebelum saya beneran mateng memersiapkan semuanya, utamanya ilmu untuk berkeluarga.

Jujur, entah kenapa saya demen banget memelajari ilmu keluarga. Nggak ngerti deh, suka banget pokoknya. Makanya saking demennya saya belajar ilmu keluarga, saya demen banget ngikutin kegiatan semacem seminar atau apapun yang bahas-bahas keluarga. Hingga suka seneng aja kalau ditawarin jadi pembicara buat ngisi kegiatan yang bahas keluarga, meski ya ada aja pihak yang nggak percaya sama keilmuan yang saya miliki. Bukan karena ragu sama keilmuannya sih, tapi lebih ke status saya yang masih belum nikah-nikah sampe sekarang. Pernah disuatu seminar parenting mau ngundang saya jadi pembicara. Saya udah kirim CV yang intinya jelasin latar belakang saya. Awalnya semua oke, tapi H-7 panitianya batalin saya jadi pembicara, alasannya karena ternyata saya belum nikah. Alamak, kejam sekali. Saya cuman bilang ke panitianya (yang emang temen saya pas kuliah) kalau saya udah nikah, saya baru bisa jadi pembicara. Padahal ya padahal, kan pengalaman nggak musti ngalamin langsung kan?

Oke, balik lagi ke IIP. Saya beneran disadarkan banget deh selama di IIP. Jadi selama matrikulasi ini kita itu lebih diingetin lagi apa dan siapa kita, serta apa maksud Allah memberikan kesempatan kita hidup di dunia ini. Peran seperti apa yang kita mau jalankan, agar kita bisa jadi pribadi yang bermanfaat untuk orang banyak.

Nah, meski kita belajarnya nggak tatap muka alias online kita tetep intensif ko belajarnya. Soalnya tiap minggu ada PR yang dikasih nama NHW (Nice Home Work). Suka deh sama NHWnya. Tiap minggu temanya selalu tak terduga-duga. Mulai dari yang bikin baper (NHW#3 Surat Cinta Untuk Calon Imamku) sampe yang bikin mikir semikir-mikirnya. Seru sih, tiap minggu jadi bahan renungan. Renungan agar kita mengetahui siapa diri kita. Kan katanya semakin seorang hamba mengenal dirinya maka ia akan semakin mengenal Rabbnya.

Nah sehabis NHW, kan suka ada diskusi. Jujur diskusi ini yang bikin saya baper parah bin bingung sejadi-jadinya. Soalnya kan ya, rata-rata yang dicurhatin masalah keluarganya. Suaminya lah anaknya lah, dll. Lha saya piye? Walhasil saya cuman jadi silent reader aja dan mulai berimajinasi "Oh nanti kalau udah nikah dan punya anak gitu kali ya".

Tapi
So far, saya suka banget sama IIP. Hamdalah banget bisa gabung di sini. Walau ya itu tadi, saya kalau di forum diskusi belum bisa aktif banget. Meski adakalanya kalau saya bisa komen, ya saya komen juga. Saya komen based on teori yang saya dapet pas kuliah. Tapi kan tapi, masalah keluarga kalau diomongin sama yang belum berkeluarga rasanya aga gimana gitu, nggak greget ya. Makanya pas saya nanggepin biasanya ya tanggepannya yang lain juga asa gimana gitu ya (secara saya belum pengalaman hahah).

Baper lagi boleh ya heheh
Saya tau tiap orang punya zona waktunya tersendiri, termasuk urusan menikah. Saya yakin Allah ciptakan manusia itu udah berpasang-pasangan, jadi buat apa saya khawatir? Saya tau dan yakin banget Allah lebih mengenal diri saya dibandingkan diri saya sendiri.

Namun
Ada yang bikin saya sedih sebenernya. Jadi waktu itu dalam suatu perbincangan, saya berbincang dengan seseorang yang baru saya kenal. Hingga saya cerita apa pekerjaan saya, minat saya, rencana saya, dll. Saya cerita itu karena dia nanya gitu, ya udah saya jawab aja. Jawaban yang intinya saya tertarik dibidang keluarga dan anak, hingga hal itu jadi passion saya dan track karir yang sedang saya jalankan. Hingga keluar lah pertanyaan yang bikin saya beneran lemes untuk melanjutkan diskusi. Pertanyaan yang nggak pernah kepikiran bakal diajukan pada saya "Harusnya kamu udah nikah". Sesak rasanya dengar itu, jujur saya bingung mau jawab apa. Akhirnya saya jawab "Di mata Allah, saya masih belum pantes" dan denger itu dia diam nggak lagi nanya-nanya kenapa saya belum nikah.

Penilaian manusia dan penilaian Allah

Ya mungkin gara-gara saya passion banget buat belajar berbagai hal tentang keluarga. Ditambah lagi hal itu didukung dengan latar belakang saya yang kuliah di Ilmu Keluarga dan Konsumen. Orang-orang banyak berpikir bahwa saya sangat matang untuk menikah, lantas kenapa belum menikah? Sampai pernah ada seorang ibu yang saya kenal disuatu acara bilang "Kamu cantik lho. Masa belum nikah? Kamunya sih pemilih ya?" oh Allah, rasanya pengen nangis dibilang kaya gitu. Pengen bilang saya juga udah ikhtiar buat menikah. Bahkan ada temen saya yang berusaha menjodohkan saya dengan temannya, tapi ya kalau belum jodoh mau gimana? Pun karena saya memilih seseorang untuk menjadi imam saya, saya nggak boleh sembarangan milihnya. Beli cabe aja dipilih apa lagi calon suami kan?

Hingga saya berkesimpulan bahwa memang di mata Allah saya belum layak buat mengemban amanah untuk menjadi seorang istri apa lagi seorang ibu. Sama sekali belum. Allah tau, hingga Allah masih memberi saya kesempatan untuk terus belajar lebih banyak lagi. Ya bismillah, ikhtiar menuntut ilmu ini merupakan ikhtiar yang saya lakukan untuk memantaskan diri di hadapanNya.

Bismillah

Hehehhe
Maaf ya endingnya kebawa baper mulu. Ya gimana ya, memang kesannya juga aneh sih. Passion bidang keluarga tapi belum berkeluarga. Semacem passion dibidang foto tapi belum pernah ambil foto dan terus-terusan belajar teori fotografi. Lucu kan ya? Ya udah lah ya. Bagaimana pun ini akan berakhir, saya selalu yakin bahwa Allah selalu punya rencana terbaik untuk kehidupan saya.

Bismillah
Maju ke kelas IIP berikutnya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan