Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

NHW #7 Tahapan Menuju Bunda Produktif

Alhamdulillah, nggak kerasa udah NHW #7 aja. Sejauh ini yang saya rasakan ketika mengerjakan NHW, kita lebih kaya diingetin lagi "Mau kehidupan seperti apa sih yang ingin kita jalankan?". Nah NHW #7 ini kita mengulas potensi diri kita berdasarkan tes yang ada di platform online temu bakat, dan berikut hasil saya.

Personal Branding:
- Ambassador
- Caretaker
- Communicator
- Creator
- Motivator
- Server
- Selector

Strength Cluster
- Networking 43%
- Servicing 29%
- Generating Idea 14%
- Headman 14%

Well, kalau dilihat secara keseluruhan sih emang gitu, ya itulah saya. Nah berikut kuadran aktivitas saya

1. Aktivitas yang Anda suka dan Anda bisa : creator (entah itu masak, nulis, kerajinan tangan, jadi PJ acara kegiatan, bikin program, dll yang pokoknya bikin sesuatu. Nggak tau, seneng aja pokoknya kalau bikin-bikin), presentasi (terutama presentasi tentang dunia anak/keluarga/pendidikan),

2. Aktivitas yang Anda suka tapi Anda tidak bisa : bikin kue (meski saya suka masak, tapi entah kenapa kalau bikin kue secara manual belum berhasil makanya saya suka bikin kue pake tepung instan hahah), berkendara (saya seneng kalau diajakin sepedahan, meski masih suka nyungsep hahahha. Makanya saya masih horor kalau disuruh belajar motor), finansial (saya suka sih kalau udah ngomongin finansial tapi untuk terjun langsung belum bisa, misal beli saham/deposito/obligasi ya untuk sementara saya baru bisa pelajari aja dengan cara ikut kelas di platform online finansial Wisdom)

3. Aktivitas yang Anda tidak suka tapi Anda bisa : grapologi (saya suka sama ilmunya, tapi untuk analisis sampai detil banget kaya diukur derajat berapa cm, nah itu yang saya nggak begitu demen. Namun untuk menjelaskan hasil analisis kepada client dan mendiskusikan hasilnya saya suka banget), kesekertariatan (saya bisa bikin surat atau proposal, rekap ya tapi saya nggak suka soalnya bagi saya kegiatan itu terlalu monoton dan butuh keterampilan yang sangat mendetail), ngajar anak-anak (saya suka dunia anak tapi kalau ngajar ke mereka utamanya ngajarin pelajaran yang saya nggak begitu suka, saya males banget ngerjainnya itu lah alasan saya resign jadi guru hahaha. Kalau ngajar yang saya suka sih semisal ngasih ilmu tentang keluarga/anak saya demen misal ngasih materi ke anak-anak sampe mamak-mamak saya sih semanget banget, tapi buat ngajar IPA apalagi bahasa duuhhh jauh-jauh deh hahaha)

4. Aktivitas yang Anda tidak suka dan Anda tidak bisa : olahraga (olahraga yang saya suka cuman senam dan yoga. Pokoknya semacem senam lantai yang pake ngeguling-guling saya paling nggak bisa terus olahraga yang pake bola semacem voli deuu saya jauhin banget. Makanya selama sekolah nilai olahraga saya selalu pas KKM pun pernah dong ada yang gurunya jahat, ngasih saya nilai dibawah KKM di rapot), analisis data yang pake statistik (pokoknya nggak suka, waktu itu pas skripsi ya mau nggak mau saya musti bisa tapi skripsi kelar, kelar juga skill saya karena emang sama sekali nggak tertarik)

Well, kalau dirunut hasil tesnya, alhamdulillah udah sesuai dengan aktivitas yang saya kerjakan sekarang. Alhamdulillah, pun keputusan saya pindah kerja udah tepat banget karena sesuai dengan Passion, tujuan, dan cita-cita saya. Ya meski sejujurnya kalau ngomongin materi masih "ehm" hehheh. Semoga ya, kan katanya langkah besar itu dicapai dengan cara menempuh langkah-langkah kecil. Semoga :)

Komentar

  1. Balasan
    1. Benar Lis hahah. Pertanda bentar lagi program matrikulasinya kelar hahahah

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Seneng ih, baca NHW ketujuh ini. Kita semua memang unik dengan kelebihan dan kekurangannya, ya.

    Teh Sani, kapan-kapan mampir dan tinggalin jejak di blog saya, ya :D

    http://nuranipuspa.blogspot.co.id/2017/07/nhw-7-menjadi-bunda-produktif-dalam.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar teh, kita jadi lebih tau siapa diri kita

      Siap, insya Allah pan kapan mampir :)

      Makasih banyak ya teh udah mampir di sini :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.