Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

NHW #4 Mendidik dengan Fitrah

Selamat datang kembali di blog saya, yang kali ini emang mayoritas (mungkin semua) berisikan tugas-tugas saya di IIP (Institut Ibu Profesional). Meski judulnya emang emak-emak, tapiiii tugas buat singelillah seperti saya ini dibedakan. Jadi lebih ke persiapan kita buat memasuki dunia keluarga. Namun ada juga yang sifatnya universal, seperti NHW #4 ini. Naaahh, NHW #4 ini lebih memfokuskan kembali apa saja yang akan kita lakukan secara riil untuk menjalankan misi hidup kita.

Bismillah, berikut upaya yang akan dan sedang saya lakukan untuk menjalankan misi hidup saya.

Sebelum saya jawab, jadi sejujurnya ini bakalan mulai saya kerjakan kebanyakan insya Allah pas nanti saya balik ke IKK (habis lebaran ini). Kalau sekarang saya lebih ke ngumpulin berbagai bahan yang akan saya pelajari kelak. Soalnya saya sedang menjalankan peran saya sebagai guru di SD dan SMP. Mengapa saya nggak menceritakan peran jadi guru, soalnya saya berpikir ini rencana masa depan yang akan secara terus menerus saya kerjakan seumur hidup. Oleh karena itu, saya bikin rencananya aja dulu, yang insya Allah akan SEGERA saya eksekusi. 

A. Apakah sampai hari ini Anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan Anda? NHW#1

Bismillah iya. Saya yakin banget ini sudah calling dari Allah. Saya meyakini ini jalan saya, oleh karena itu saya memutuskan untuk SEGERA pindah jurusan di kampus. Saya ingin mempelajari ilmu keluarga terutama perkembangan anak secara lebih mendalam. Alasannya, ini ilmu masa depan dan saya perempuan. Saya ingin kelak keluarga yang saya bangun benar-benar matang dan dibekali juga dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Selain itu, saya ingin berperan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih aware dengan kehidupan keluarga dan perkembangan anak. Karena saya percaya, peradaban terbaik dibangun dari keluarga yang berkualitas. Selain itu, ini yang menjadi alasan kuat saya untuk hingga akhirnya membangun karir di IKK.

B. Sudahkah Anda konsisten untuk mengisi checklist harian? NHW#2

Saya membuat targetan harian, namun tidak tertulis. Saya evaluasi ketika sebelum tidur, dan merencanakan apa-apa yang harus saya tuntaskan keesokan hari. Jika ada targetan harian yang tidak terpenuhi, maka saya akan tingkatkan kembali untuk mengerjakannya esok hari atau jika tidak memungkinkan saya biasanya memangkas waktu weekend saya untuk mengerjakan berbagai tugas yang tidak tertunaikan pada weekdays.

C. Baca dan renungkan kembali NHW#3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup akan semakin terlihat.

Bismillah, sejak SMA saya memang tertarik dengan dunia psikologi. Makanya saya sempat punya cita-cita menjadi psikolog, namun takdir berkata lain. Hingga akhirnya saya ke IPB, pun awalnya dijurusan Kimia. Namun saya memikirkan kembali keputusan saya ini, apakah yang saya jalankan sesuai dengan misi hidup saya? Dan jawabannya tidak.

Akhirnya saya bertemu dengan IKK melalui buku panduan sarjana. Saking penasara, saya tanya kakak tingkat sebanyak mungkin mengenai IKK, dan mendengar jawabannya saya semakin jatuh cinta.

Bismillah, tahun 2012 saya resmi diterima menjadi mahasiswa IKK. Perjalanan untuk menentukan dan menjalankan misi hidup pun dimulai. Misi ini saya sadari ketika saya memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk membuat anak-anak Indonesia enjoy dengan sekolahnya. Mengapa sekolah? Karena sekolah pada umumnya merupakan tempat pertama bagi mereka untuk menggali potensi diri yang dimiliki. Ketika setiap anak berhasil menggali potensinya, maka insya Allah Indonesia akan menjadi negara maju. Karena masyarakatnya berkiprah sesuai dengan calling yang telah Allah amanahkan.

Oleh karena itu bismillah, insya Allah saya akan fokus menjadi konsultan anak

Misi hidup : Memberikan inspirasi melalui edukasi kepada orang lain
Bidang : tumbuh kembang anak
Peran : konsultan tumbuh kembang anak. Khususnya yang berfokus pada pendidikan dan penyaluran bakat-minat anak

D. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut dan tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan Anda menjalankan misi Anda

Bismillah, untuk mewujudkan passion dibidang child development

Tahun pertama (km 0-1) : pengantar psikologi dan pendidikan holistik
Tahun ke-2 (km 2-3) : Psikologi Anak dan tumbuh kembang manusia
Tahun ke-3 (km 4-5) : parenting dan pendidikan karakter
Tahun ke-4 dan 5 (km 6) : pengukuran dan perkembangan manusia
Tahun ke-6 (km 7 now) : ilmu komunikasi dan konseling dalam dunia pendidikan
Tahun ke-7 (km 8 next) : konseling dan terapis perkembangan anak
Tahun ke-8 (km 9-10 done) : gifted education dan pedagogical science

Nb: tahun pertama telah dimulai pada tahun 2012 sejak saya kuliah di IKK

E. Koreksi kembali checlist Anda di NHW #3. Apakah Anda sudah memasukan waktu untuk mempelajari ilmu tersebut?

Alhamdulillah sudah, dimulai tahun 2012 dan insya Allah selesai tahun 2019

F. Lakukan... Lakukan.... Dan lakukan

Bismillah ya Allah
Terima kasih atas semua pentunjukMu. Petunjuk yang mengantarkan hamba pada jalan ini. Ya Allah, berkahi dan lancarkan setiap langkah yang hamba lakukan. Semoga hamba bisa istiqomah memenuhi dan menjalankan amanahMu. Semoga kelak terlahir generasi-generasi Islam terbaik yang akan membangun peradaban Islam.

Bismillah ya Allah

"Jangan meminta Tuhan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Namun minta lah kepada Tuhan agar engkau dilibatkan sebagai orang yang dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut"
-Merry Riana-






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.