Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

NHW #3 Surat Cinta untuk Calon Imamku

Allohu akbar
Seriusan, saya kaget-sekaget kagetnya pas tau NHW #3 bikin surat cinta. Masya Allah, saya yang masih singlelillah ini disuruh nulis buat calon imam di masa depan. Hhmm... Baiklah, saya akan mencoba. Siapa tau setelah ada yang baca surat cinta saya ini, eh ada jodoh saya ternyata hahahha (aamiin gitu)

Dear abang sayang, apa kabar? Eneng di sini masih singlelillah bang. Setia nunggu abang yang siap lamar eneng. Eneng tau, eneng faham banget abang jaga perasaan abang demi ngejaga kehormatan eneng. Makasih ya bang. Makasiiihh banyak. Kita berdua sama-sama tau, nikah itu ibadah. Oleh karena itu sebelum menikah, kita juga harus menempuh cara-cara yang diridhoiNya. Makasih ya bang udah jaga perasaan. Ungkapin perasaan abang, pas nanti aja ngelamar eneng heheheh. Eneng selalu yakin seyakin yakinnya, kalau Allah menciptakan manusia udah berpasang-pasangan. Allah bakal masangin yang baik buat yang baik juga. Insya Allah bang, sebelum kita memasuki dunia pernikahan kita sama-sama mantesin diri ya bang. Terutama mantesin ilmu. Harapannya, kita bener-bener siap pas nikah. Kan nikah bukan melulu isinya pacaran ya bang, kan nanti anak kita lahir, nah kita didik dia sebaik-baiknya. Karena eneng percaya bang, peradaban yang baik dibangun dari keluarga yang berkualitas. Aamiin ya bang, sakinah mawadah wa rahmah :)

Oh iya bang, eneng mau cerita banyak ke abang. Cerita eneng teh sebenernya siapa. Boleh atuh ya bang ya, biar abang teh makin yakin milih eneng. Bukan hanya milih eneng sebagai istri tapi juga milih eneng sebagai ibu buat anak-anak kita kelak :)

Jadi entah kenapa ya bang, eneng dari dulu demeeennn banget baca majalah ibu-ibu. SERIUS bang, serius. Jadi kan depan sekolah eneng pas SD ada toko buku, nah eneng suka nabung buat beli Nakita hahaha. Padahal ya bang, temen-temen eneng teh bacanya majalah Bobo, kenapa ari eneng udah demen baca begituan. Walhasil eneng diketawain temen-temen, kata mereka eneng kaya ibu-ibu baca yang kaya gitu. Ah tapi eneng mah nggak peduli, toh orangtua eneng juga nggak ngelarang, malahan mereka selalu nanya apa yang eneng pelajari dari apa yang eneng baca. Oh iya, eneng mulai suka baca Nakita pas eneng kelas 3 SD, wkwkwk jangan ketawa bang. Kalau kata bahasa Sunda mah eneng téh kokolot begog, ah tapi nu penting mah eneng suka dan ortu nggak marahin eneng hahahha.

Nah dari Nakita, eneng mulai suka majalah-majalah sejenis contohnya Ayahbunda dan Ummi. Kalau Ummi, ya karena ibunya eneng langganan dan masih jualan majalah itu sampe sekarang. Ah pokoknya mah eneng teh dari dulu suka banget baca masalah keluarga terutama tumbuh kembang anak. Makanya sempet eneng punya cita-cita pengen masuk psikologi UI, soalnya ada narasumber majalah tersebut yang bahasannya selalu eneng tunggu, beliau namanya Nina M Armado, katanya sih dosen UI. Makanya eneng pengen masuk UI hehhehe.

Tapi nasib berkata lain, eneng malah ke IPB. Eh eneng teh malah masuk departemen kimia, atuh nggak nyambung ya. Akhirnya eneng semacem kaya strés gitu jalanin kuliah. Well eneng memutuskan untuk keluar dari kimia, pengennya sih ke UI merjuangin cita-cita eneng yang dulu, tapi eneng terlanjur jatuh cinta sama IPB. Alhamdulillahnya eneng sama Allah dipertemukan dengan IKK, Ilmu Keluarga dan Konsumen. Dan eneng beneran jatuh cinta pun eneng beneran menemukan apa yang eneng cari, Alhamdulillah.

Selama di IKK eneng belajar tiga fokus studi. Ada ilmu keluarga, perkembangan anak, dan konsumen. Tapi dari ke-3 itu, eneng paling demen belajar perkembangan anak. Apa mungkin juga kebawa passion yang dulu, suka baca majalah ema-ema yang terkait pengasuhan. Dan kamu tau bang, seantero kampus suka bilang kalau alumni IKK itu calon istri bersertifikat, dan ya itulah eneng. Abang seneng kan eneng sebelumnya secara ilmu telah teruji? Hahahah. Hayu atuh nikah, biar eneng bisa amalkan ilmunya hehehe.

Selama kuliah di IKK, eneng makin faham kalau berkeluarga nggak semudah yang dibayangin. Enggak melulu ngomongin yang lope-lope, tapi juga efek nikah ketika Allah percaya maka kita akan dikasih amanah yang sangat spesial, anak. Iya anak. Amanah yang luar biasa, karena keberhasilan mendidik anak sangat berkorelasi dengan kualitas orangtuanya. Oleh karena itu eneng nggak mau main-main bang, eneng mau sungguh-sungguh ngedidik anak-anak kita. Makanya eneng belajar yang banyak, pun setelah eneng lulus IKK eneng paling demen ikutan seminar atau workhsop yang bahas masalah keluarga atau pengasuhan. Meski isinya ibu-ibu atau bapak-bapak (pernah coba bang, diantara 50an peserta, cuman eneng doang yang belum nikah. Dan seketika itu eneng didoa'ain semua peserta plus pembicara yang hadir, agar eneng disegerakan. Aamiin ya bang). Oh iya bang, saking cintanya eneng sama IKK, eneng berkarir di IKK bang. Eneng ngerasa ilmu eneng masih banyak kurangnya, makanya eneng balik lagi ke kampus bukan hanya kerja tapi yang penting bagi eneng, eneng bisa belajar lebih banyak lagi sambil dibayar hahaah.

Ya pokoknya mah ya bang, eneng passion banget kalau udah mempelajari family life atau child development, nggak tau atuh ya. Seneng aja pokoknya. Dan eneng berpikir, eneng seneng gini bukan ujug-ujug ada, tapi memang Allah udah titipkan ini sama eneng. Allah secara haluussss banget ngarahin eneng biar konsen dalam masalah keluarga, khususnya anak. Da kalau boleh jujur, eneng juga aneh kenapa bisa secinta ini sama ilmu keluarga dan perkembangan anak. Tapi ya kan katanya bahkan daun yang jatuh pun sudah Allah tetapkan dan tertulis dalam lauhul mahfuz, apalagi hidup kita ya bang.

Oleh karena itu eneng bismillah banget berkarir di sini. Eneng pengeennn banget orang-orang faham sama ilmu keluarga, kenapa? Soalnya ilmu ini penting banget. Sepenting kita makan tiap hari. Kan siapa pun itu orangnya, apapun latar belakangnya eneng sangat yakin kalau secara normal dia PASTI NIKAH. Nah tapi kan ya nikah yang baik bukan hanya sekedar nikah, tapi nikah yang bener-bener udah dipersiapkan dengan sangat matang. Karena eneng percaya bang, semakin baik bekal ilmu untuk membangun rumah tangga, maka insya Allah peradaban Islam akan semakin baik. Bismillah ya bang, do'a kan eneng untuk bisa istiqomah berada di jalan ini.

Untuk realisasinya, selain emang eneng kerja dibagian konsultan tumbuh kembang anak, eneng juga lagi garap buku bang. Buku sederhana yang bisa jadi panduan singkat buat lebih memahami apa yang akan terjadi selama pernikahan. Do'akan eneng bisa menyelesaikan ini ya bang, biar nanti pas nikah eneng bisa kadoin ini buku sebagai salah satu tanda cinta eneng buat abang. Alasan kenapa eneng garap buku ini, ya tiada bukan dan tiada lain biar orang-orang makin aware sama pernikahannya, pun kebayang apa-apa aja yang harus dilakukan ketika memasuki setiap tahapan dalam berkeluarga.

Oh iya, eneng mau cerita kenapa eneng bisa cinta sama ilmu yang diajarin di IKK. Jadi ini semua berkat Allah yang mentakdirkan eneng untuk lahir di keluarga kecil yang bahagia. Jadi eneng lahir dari apa (sebutan sayang eneng buat bapa, tapi adakalanya eneng manggil papih hehehhe) yang kerja sebagai pegawai di dinas pendidikan. Karena apa lulusan pendidikan luar sekolah, apa demeenn banget ke daerah buat ngajar. Soalnya kan ada program pemerintah pemberantasan buta huruf, nah apa ikut kontribusi diprogram itu. Makanya kata apa, murid apa kebanyakan nenek-nenek sama kakek-kakek, pun kalau yang usia muda apa ngajar di program paket, jadi muridnya banyak tukang asongan, pengamen, dll. Alhamdulillah, kata apa pernah ada muridnya yang tembus kuliah ke ITB, apa seneeeng banget terus muridnya LANGSUNG dapet beasiswa dari pemerintah hehehhe.

Dari apa, eneng belajar agar selalu bersyukur sama apa yang kita dapet dan kita alami dalam hidup ini. Eneng juga belajar agar hidup itu sederhana namun banyak manfaat buat orang lain. Ya bang, kalau abang liat nanti, apa emang orangnya sederhanaaaa banget. Sampe apa itu suka risih kalau pake-pakean bermerk hahahah. Jadi kalau dibeliin ibu pakaian yang bagus, apa lebih seneng nyimpen di lemari daripada sering dipake hahaha. Tapi kalau masalah budget buku, apa nggak bisa hemat alasannya "ini ilmu" gitu, sampe ibu suka kesel karena gajinya sering banget dipake buat beli buku yang tebel-tebel dibandingkan buat beli baju atau sepatu yang udah rusak hahahah.

Lain ibu lain apa, lain banget pokoknya. Sampe temen ibu yang sikolog bilang, kalau apa sama ibu merupakan pasangan dengan perpaduan yang sangaattttt jauh berbeda. Tapi meski bedanya jauh, Alhamdulillah keluarga kita masih utuh seutuhnya. Kalau depan kita apa sama ibu suka bercanda. Suka so-so saling goda gitu, apa lagi ibu. Kalau apa lagi BT, ibu suka goda-godain apa sampe apa cair lagi wkwkw. Karena laki-laki kali ya, apa bukan tipe orang yang ekspresif mengungkapkan cinta. Apa kalau mau nunjukin perhatiannya ke ibu, apa suka tiba-tiba belanja kebutuhan dapur. Jadi pas ibu pulang kerja, bahan dapur tiba-tiba aja udah lengkap, atau kalau lagi duitnya dikit ungkapan perhatian apa yaitu beresin rumah hahahha. Kamu nanti gitu nggak bang?

Ibu, beda banget sama apa. Meski laki-laki, apa nggak terlalu ambisi ngejar karir seloowww banget. Malah pas ditawarin naik jabatan apa nolak, soalnya kalau mau naik nanti dimutasi ke luar negri atau kalau di Indo ke pelosok Papua hahah. Kata apa, apa mending deket keluarga aja daripada karir tapi jauh dari keluarga (idih apa sweetttt banget ya).

Nah kalau ibu suka pasang target buat karirnya. Ibu selalu memperhitungkan kapan nyampe di posisi yang ia tuju. Nah berhubung ibu kerjanya jadi guru PNS, ibu ngejar banget biar naik golongan. Ibu bikin rencana sebelum pensiun ibu ada di golongan tertinggi yang bisa dicapai dengan kapasitasnya. Makanya sodara-sodara ibu suka tiba-tiba heboh kalau ibu udah naik golongan dengan cepat, soalnya kan penghasilannya naik hehehe. Namun meski ibu karir banget dan ngejar posisi, ibu nggak pernah mau menduduki jabatan yang sekiranya bisa nguras waktu kerja ibu. Ibu cuman ngejar golongan tapi nggak gila jabatan. Berkali-kali ibu nolak tawaran jadi kepsek pun diangkat jadi pengawas dinas. Ibu selalu NOLAK, alasannya karena ibu nggak mau anak-anak terabaikan, pun ditambah ibu aktif organisasi.

Dari mereka saya belajar bang, terutama dari ibu. Ibu wanti-wanti saya biar saya punya kekuatan ekonomi setelah menikah. Bukan... Bukan untuk menyaingi suami, tapi ibu bilang kita nggak tau Allah bakalan ngasih jodoh kita siapa. "Kita nggak boleh menikah karena ekonomi, nikah itu ibadah" gitu kata ibu. Oleh karena itu kita meski perempuan, kita wajib mandiri secara finansial.

Dan ya, penghasilan ibu jauh berkali-kali lipat dari penghasilan apa. Utamanya ibu punya pasif income yang lumayan besar dari usahanya kos-kosan dan ruko. Pun ditambah usaha ibu jualan berbagai macam barang, salah satunya majalah Ummi. Namun ibu lagi-lagi menasihati saya "Setinggi apapun jabatan kita, imam di rumah tetep suami. Sebagai istri, kita wajib patuh sama suami" gitu kata ibu. Dari beliau kita belajar bahwa berkarir bukan berarti lupa sama anak, berkarir bukan berarti kita nyaingin penghasilan suami. Rezeki mau dapet dari istri atau suami, ya namanya satu "rezeki keluarga". Pun ketika suami kita penghasilannya nggak seberapa, kita wajib support dia dan satu hal yang pasti, jangan pernah ngeluh sama pendapatan suami "Menikah bukan karena ekonomi kan?" itu yang selalu ibu tekankan. Selain itu, kita juga nggak tau kan kedepan bakalan gimana. Misal suami kehilangan pekerjaanya atau suami meninggal "Ibu nggak mau ngeliat anak-anak ibu menderita (ekonomi) kalau ditinggal apa".

Tapi saya juga nggak menutup mata. Banyak yang jauh berbeda sama keluarga saya. Saya ada temen saya yang pas SD ortunya sibuk karir banget, ketemu anak paling cepet jam 9 malem dan berangkat pagi sebelum temen saya bangun (dua-duanya pegawai bank, kebayang sibuknya kaya apa), ada juga yang ibunya IRT dan temen saya satu-satunya anak perempuan (2 kakaknya laki-laki dan adenya 1 laki-laki) walhasil temen saya sama ibunya yang ngerjain semua pekerjaan rumah, sementara laki-laki cuman nunggu dilayani "Aku kaya babu kalau di rumah San" gitu katanya. Ada juga sodara saya yang dulu kerjanya di konsultan asing sehingga penghasilannya bisa kebayang gede banget eh tapi pas ia dipecat istrinya malah semena-mena karena merasa penghasilannya sekarang jauh lebih besar daripada suaminya. Saya kasian liatnya, padahal dulu pas suaminya masih berjaya apapun yang dia minta suaminya selalu kasih.

Saya ngerasa aneh ya benar-benar aneh. Saya biasa banget ada pembagian tugas di rumah. Apa yang setiap hari cuci piring dan baju plus nyetrika sehabis pulang ngantor. Karena ibu selalu pulang menjelang magrib, makanya ibu nyuci dan nyetrika kalau pas hari Minggu aja. Anak-anak tugasnya beresin seantero rumah dan gosok WC, malah saya udah biasa masak buat makan siang dan makan malem dari sejak saya kelas 3 SD. Kita ngejalanin itu, dan kita berusaha saling memahami kesibukan kita masing-masing. Ibu selalu bilang kalau kita bisa jalanin semua, nggak usah pake pembantu. Meski awalnya saya sempet protes karena ibu kesannya pelit nggak mau pake pembantu, tapi sekarang saya banyak bersyukur karena saya terbiasa ngejalanin berbagai pekerjaan rumah sendiri (kecuali benerin genteng atau yang berhubungan sama éléktronik dan listrik hahaha).

Perbedaan itulah yang bikin saya ngerasa aneh. Aneh karena sistem ditiap keluarga beda-beda. Bahkan ada keluarga yang konflik dan berujung perceraian. Nah itulah yang bikin saya penasaran sama ilmu keluarga. Apa sih sebenernya keluarga itu? Kenapa tiap orang punya cara-cara yang berbeda pas ngejalanin rumah tangga? Hingga Alhamdulillah, semua pertanyaan ini mengantarkan saya untuk belajar tentang keluarga di IKK, dan satu per satu pertanyaan mulai terjawab.

Persiapan

Iya bang, jawabannya persiapan. Apa lagi setelah eneng jadi guru, eneng makin banyak belajar begitu banyaknya ragam karakter keluarga. Keliatan banget kalau anak-anak yang cerdas dan sholeh udah pasti dididik sama orangtua dengan hubungan keluarga yang harmonis, pun sebaliknya. Makin banyak konflik dikeluarga, maka anaknya cenderung bermasalah. Entah itu masalah akademik pun masalah emosi. Oleh karena itu bang, eneng berpikir kalau seandainya semua orang beneran faham bekal apa yang harus ia siapkan untuk memasuki rumah tangga maka insya Allah permasalahan-permasalahan keluarga akan berkurang, pun kelak akan lahir generasi-generasi rabbani yang akan membangun peradaban Islam terbaik pada masa yang akan datang. Itu bang, itu mimpi-mimpi eneng buat keluarga-keluarga, khususnya keluarga-keluarga Indonesia.

Eneng yang dibesarkan ibu dan apa. Eneng yang nggak pernah dimarahin kalau baca majalah ibu-ibu, hingga pada akhirnya mengantarkan eneng kepada jalan ini. Eneng sangat yakin bang, ini semua udah jadi "calling" yang digariskan Allah. Bismillah ya bang, eneng bisa istiqomah dijalan ini. Kan katanya jangan pernah minta Allah buat selesaikan permasalahan-permasalahan yang ada, tapi mintalah ke Allah agar kita bisa jadi orang yang berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar kita. Aamiin...

Bang, kemarin abang bilang kalau membangun keluarga itu musti dibangun dengan nilai-nilai Islam yang sangat kental. Eneng beneran setuju sama abang. Pun itulah alasan eneng memilih abang sebagai imam buat bahtera rumah tangga yang akan kita jalankan bersama. Eneng memilih abang karena agama abang, nggak ada alasan lain bang. Oleh karena itu eneng percaya, keluarga yang akan kita bangun nggak akan terlepas dari nilai-nilai Islam. Insya Allah ya bang, insya Allah dan bismillah.. Semoga keluarga kita termasuk keluarga yang dapat melahirkan individu-individu yang dapat membangun peradaban Islam agar kembali berjaya.

Aamiin...

With love, your future wife



- Saniatu Aini-





Nb : okay, pliisssss banget jangan berasa enek setelah baca surat cinta saya ini. Pokoknya aamiin'kan saja. Semoga saya segera menemukan nahkoda yang beneran siap diajak berlayar untuk menjalankan bahtera rumah tangga bersama. Aamiin


Komentar

  1. Bang kemarin abang bilang kalau.. Ciyrr krmarin yah si abang ngomong.. Wqwq

    BalasHapus
  2. Beluuummmmm Elisnaaaaa. Masih Allah sembunyikan. Daku mah berhayal aja. Memilih dia memang karena agamanya Lissss. Udah, aamiin kan aja hahhaha.

    BalasHapus
  3. wqwqwqw,, iyaa kak semoga segera ditampakkan,, aamiiiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.