Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

GREAT and INSPIRING Book from Moshe Kai Cavalin

Pertama kali tau buku ini tuh, pas lagi butek liburan (habis ujian semester). Soalnya boring banget, ya lebih baik kuliah tanpa ada libur yang selama ini. Berhubung waktu itu dapet berita yang bikin shock juga, jadi untuk menghilangkan kekesalan hari itu aku putusin buat jalan. Awalnya pengen nyari kerudung motif. Tapi berhubung nyari kerudung yang motifnya cocok itu susaaahhhh banget, jadi aku malah jalan ke Gramed buat beli 2 buku yang udah lama aku incer, tapi belum sempet ke beli karena belum dapet waktu yang pas buat jalan (beneran ngerasa jadi orang sibuk yang nggak dapet weekend, pas semester kemaren).

Pas masuk Gramed, di jajaran buku-buku baru. Aku tertarik buat hunting yang lainnya (selain 2 buku inceran, yang wajib di beli hari itu) dan tara...aku sempet rada-rada shock juga, pas nemu buku yang judulnya Ditolak di Sekolah Formal, Lulus Kuliah Umur 11 Tahun dengan IPK 4. Lha aku bingung juga. Ini anak emang genius atau apa? Yap, dan aku beneran PENASARAN. Aku baca sedikit bin sepintas, dan ya aku bingung. Masalahnya budgetnya cuman muat buat beli 2 buku (setiap jalan aku selalu bawa budget pas, biar gak tergoda beli barang lain yang di luar rencana). Oke...tandanya aku musti sabar, dan menunda pembelian.

Beberapa hari lalu. Ayah Edy posting dan rekomen buku ini di FB. Tuh kan..makin bikin penasaran aja. Akhirnya kemarin sore aku jalan ke Gramed dan langsung cari buku ini. Gramed di Tasik emang beda banget sama Gramed Bogor. Perasaan waktu di Bogor gampang banget nyari buku-buku pengembangan diri, psikologi, parenting, atau apapun yang menurut ku masuk kategori "kece", lha ini gileee susah benget nyarinya. Malahan paling gampang nyari buku-buku novel, fashion, dll yang menurutku enggak termasuk kategori buku kece. Aku sempet rada-rada ngenes juga, karena udah muter-muter tapi enggak nemu-nemu. 

Berhubung aku inget, adeku nitip cat poster, jadinya ku jalan kebagian ATK. Dan lagi-lagi, aku enggak nemu cat poster. Haduh..berasa buang-buang ongkos aja hari ini. Akhirnya...ketika iseng nyamperin jajaran komik edukasi, lha aku malah nemu tuh buku. Wuhu...seneng parah, langsung aku embat dan kaki sempet tertahan dijajaran buku-buku kreasi, dan langsung ambil buku kreasi Bantal Fancy (after clay, aku jadi pengen belajar menjahit gara-gara jatuh cinta sama unyunya bantal-bantal ini) so...habis embat 2 buku, langsung bersegera untuk pulang.

Halaman per halaman aku baca, dan karena bahasanya renyah banget. Habis sholat shubuh, aku langsung embat buku ini dan langsung selesai dibaca, ya kurang lebih 1 jam. Dan inilah poin-poin penting yang aku suka banget dan berasa penting untuk di share :)

 
gramediaonline.com
  • Enggak ada yang namanya genius, yang ada hanyalah usaha keras dan perencanaan matang.
  • Luar biasanya pengaruh besar orangtua terhadap tingkat keberhasilan prestasi anak. Baik akademik maupun non-akademik.
  • Pengorbanan orangtua untuk mengasuh anak. Meski dengan konsekuensi jam istirahat terganggu.
  • Kerjasama suami-isteri dan mertua, dengan menyamakan visi dalam pengasuhan.
  • Semua akan tercapai, jika kita melibatkan hati dalam setiap apa yang kita kerjakan.
Eniwei..ini buku WAJIB banget buat dibaca. Utamanya untuk orangtua, guru, anak-anak, semuanya ya semuanya.  Semuanya wajib baca. Karena dibuku ini tuh beneran banget digambarin apa-apa aja yang dilakukan orangtua Moshe dari lahir sampai Moshe merampungkan bukunya ini. Mungkin (termasuk aku) pendapat pertama ko kesannya kaya maksa banget, dan terlalu membangga-banggakan anak yang otak kiri. Tapi setelah dibaca ternyata (meski kadang enggak begitu sesuai teori yang dipelajari di psikologi) segala sesuatu itu mungkin. Sangat mungkin untuk orangtua menciptakan lingkungan agar anak menemukan siapa dirinya. Menjadikan anak enjoy untuk setiap hal yang memang semestinya ia pelajari. Enggak ada alasan karena usia terlalu dini, orangtua ga punya waktu buat ngurus anak, dan excuse  lainnya yang sebenernya justru ngehambat kemauan dan kemampuan anak untuk belajar banyak hal. Latar belakang pendidikan orangtua dan  financial sebenernya bukan hambatan. Siapapun ia, ketika memutuskan untuk menjadi orangtua maka fokuskan segalanya untuk masa depan anak. Jangan egois dengan kepentingan "karir" pribadi. Dan satu hal yang terpenting, yang jadi pelajaran dari buku ini adalah, suatu KESALAHAN BESAR ketika orangtua dengan dalih "tidak punya waktu" menyerahkan urusan pendidikan SEPENUHNYA kepada institusi yang bernama sekolah.


Komentar

  1. Thanks for sharingnya Sani... nyesel juga saya sempat nganggep bukunya itu (dari sampulnya) seperti buku2 lain yang cuma nyari sensasi. Bener juga ya kata pepatah, don't judge a book by its cover :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama kak. Iya, awalnya juga aku ngasih nilai buku ini B-
    Tapi setelah dibaca, nilainya jadi A+++++

    Buku ini, emang WAJIB banget dibaca. Apalagi yang udah jadi orangtua (Psstt..setelah ayahku baca buku ini, ayah juga langsung rekomen biar semua orangtua baca buku ini, katanya)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.