Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Daya Itu Mengantarkanku Pada IKK



Jadi ceritanya dari waktu SD itu aku udah demen banget baca-baca masalah anak dan keluarga, utamanya ibu emang langganan majalah Ummi dan ketika kedua bibiku baru namatin kuliahnya mereka bawa banyak banget majalah Ayah Bunda dan Nakita, awalnya sih tertarik sama selipan khusus buat anaknya karena gambarnya lucu-lucu dan cerita-ceritanya seru, tapi kan lembar yang khusus buat anak itu dikit banget, alias kalahlah jumlah lembarnya dibandingin isi majalah yang emang diperuntukkan buat orangtua (namanya juga selipan), jadi ya penasaran aja apa yang dibahas dan ya akhirnya selain baca rubrik khusus anaknya jadi ngerembet deh ke bahasan buat parentingnya dan kok kayaknya nemuin keasyikkan tersendiri, apalagi kalau udah ngebahas tumbuh kembang anak dari tahun ke tahunnya.

Nah, berhubung Ayah Bunda dan Nakita yang dibawa bibi itu edisi lama, jadi aku penasaran juga tuh sama edisi-edisi barunya isinya kayak apa, apalagi materi-materinya pasti lebih update dong. Saking penasaran, dan lokasi sekolah deket banget sama toko-toko buku jadi aku suka sengajain tuh nyisain uang jajan buat beli Nakita, sampai temen-temen itu suka ngetawain aku, katanya aku itu enggak pantes baca-baca  kayak gitu, itu kan buat orangtua, emangnya mau cepet-cepetan jadi ibu apa? Well, tapi aku enggak pikirin tuh omongan temen-temen yang nganggap aku aneh karena suka baca bacaan ‘ibu-ibu’ toh orangtuaku juga enggak pernah complain malahan excited banget kalau aku diskusiin atas apa yang udah aku baca di majalah itu, utamanya aku kan punya adik yang umurnya  terpaut cukup jauh, lima tahun, jadi aku suka beranalisis tuh kira-kira kalau umur anak segitu lagi masa-masa apa ya.

Kebiasaan baca majalah keluarga ini trus berlanjut hingga aku SMA, bahkan aku punya idola tuh, namanya ibu Nina M Armando. Beliau itu merupakan dosen komunikasi UI dan suka ngisi rubrik tentang pengaruh media terhadap tumbuh kembang anak, sampai-sampai aku ngebayangin kalau nanti pas kuliah aku mau ngambil komunikasi aja di UI biar ketemu sama ibu Nina dan ngarep banget belajar banyak dari dia apalagi waktu itu aku sempet kepikiran buat jadi wartawan, berhubung aku suka nulis dan seneng banget sama dunia jurnalistik dan aku pas SMA menjabat sebagai ketua Jurnalistik lho di sekolah (hehhhe).

Tapi....,kata ibu wanita itu enggak pantes kalau jadi wartawan. Ya, gugur sudah impianku buat jadi wartawan, terus aku mikir kira-kira entar aku kuliah mau ngambil apa ya. Dan ya, aku inget tuh, aku itu seneng banget sama dunia ekonomi utamanya perusahaan-perusahaan gitu hingga aku kepikiran tuh buat ngambil ekonomi atau management dan ngebayangin bakalan kerja di bank atau perusahaan-perusahaan gede kaya Unilever (whoa..keren kan), apalagi nilai ekonomi dan akuntansiku selalu tertinggi di kelas,tapi...(lagi-lagi tapi) kata ibu wanita itu enggak cocok buat kerja kantoran atau bank, wanita itu punya tanggung jawab yang UTAMA yaitu ngurus anak, jadi kerja itu harus, tapi mbok ya, yang masih ada waktu lah buat anak. Karena alasan ini, lagi-lagi aku bingung, alasan semua cita-cita ditolak masa karena faktor biologis aku sebagai seorang PEREMPUAN, dan aku sempet punya pikiran, coba aku laki-laki, pasti deh dari dulu-dulu ibu ngijinin aku buat punya cita-cita apapun itu, terus kalau emangnya gara-gara anak, ya udah sih simple, gak usah nikah aja bisa kan? Hidup ya cari kerjaan terus uangnya buat hidup sendiri aja trus sisanya dipake buat sedekah sama kegiatan-kegiatan sosial. Gara-gara aku menyadari aku enggak sebebas cowo, makanya aku suka sensitif banget kalau ngednger istilah kesetaraan yang ujung-ujungnya terkait erat sama gender, dan ya minat ku nambah satu, gender.

Hingga SMA kelas tiga aku bingung mau kuliah apa, apalagi aku bisa dikatakan ‘nyasar’ di kelas IPA (meski nilai IPA ku enggak ancur-ancur amat, ya masih suka masuk sepuluh besar lah, meski terus-terusan nempatin posisi ke sepuluh -,-“), dan AHA...aku keingetan tuh, kalau selama ini aku demen banget ngoleksi buku-buku psikologi, ya aku suka aja baca-baca buku psikologi itu karena aku suka ngamatin tingkah-laku orang-orang di sekitar, utamanya baca buku psikologi remaja, dimana disana aku bisa cari tahu masalah-masalah apa yang lagi dihadapi plus solusinya dari sang ahli (berhubung aku enggak terlalu suka curhat keorang, karena kapok curhatnya pernah dibocorin, dan jadi malah bikin masalah baru), makanya, kalau nyari solusi, biasanya aku larinya ke buku, ya lagi-lagi yang ngebahas kayak gitu kan buku psikologi, so...aku kepengen masuk jurusan psikologi, lagi pula kan jadi sikolog juga pekerjaan yang lebih keseringan dilakonin sama ‘perempuan’.

Ya..,aku ngareeeeeeep banget buat kuliah psikologi TAPI lagi-lagi katanya sikologi itu suka bikin bingung orang yang melajarinnya, dimana apa-apa dari orang itu dibaca, hingga kalau dia mau milih pasangan hidup suka banyak pertimbangan yang ujung-ujungnya enggak nikah-nikah (kayaknya alasan terakhir ini yang bikin dilarang banget). Bingung..ya..bingung, terus mau kuliah apa dong? Dan karena kebingungan-kebingungan ini aku berusaha narik kesimpulan kalau semua jurusan yang aku ajuin kan backroundnya IPS semua tuh, gimana kalau aku iseng ngajuin jurusan IPA, dan ya ayahku ngarep banget ada anaknya yang nantinya bakalan jadi dokter, dan harapan itu dicobakan padaku berhubung aku anak pertama, tapi boro-boro mau jadi dokter, pelajaran Biologi itu pelajaran yang menurutku ngebosenin banget apalagi kalau udah praktikum di lab, beuh rasanya itu BT banget pokoknya. 

Kelas tiga, kan kita udah mulai sering tuh konsultasi akademik sama guru BK, utamanya konsultasi ini dimaksudkan buat ngarahin kita buat ambil jurusan apa pas kuliah, dan berhubung nilai-nilai kimia ku suka termasuk ke dua tertinggi (hehhe) jadi aku pikir aduh..kayaknya enggak ada pilihan lain nih kecuali kimia,tapi aku mikir ulang, bukannya setiap kali praktikum aku itu suka jadi bingung sendiri yang ujung-ujungnya daripada bingung aku suka ngambil bagian tugas nyuci-nyuci alat, kan kalau kuliah enggak bisa gitu. Aku harus rela dong ngabisin waktu berjam-jam di lab, tapi ya udah sih daripada aku enggak kuliah. Akhirnya aku mengajukan diri buat ambil kimia, dan entah dengan alasan apa permintaan itu DIRESTUI.

WHAT...KIMIA...,itu tuh berasa aduh..entah deh,aku udah bayangin entar aku harus rela ngabisin sisa umur di lab dengan serangkaian percobaan-percobaan ini-itu,tapi ya..daripada enggak kuliah dan enggak direstui ibu akhirnya aku daftar ke dua PTN dengan pilihan pertama KIMIA.

Singkat cerita, gara-gara USMI IPB dateng duluan jadi aku tergoda buat coba-coba daftar, apalagi di IPB ada jurusan kimia. Padahal dari SMP aku sempet bikin cita-cita bareng sama temen-temen kalau entar kita kuliah bareng di UGM, tapi seleksi UGM itu belakangan apa lagi grade UGM tinggi banget, jadi aku rada-rada ga PD gitu, tapi apapun aku HARUS nyoba daftar di UGM, dan IPB ya udah sih enggak ada salahnya buat dicoba (meski dalem hati aku enggak ngarep banget di terima).

Sebulan..dua..bulan pengumuman USMI enggak keluar-keluar,dan aku mikir palingan juga enggak lolos, dan aku jadi beneran mantepin diri buat persiapan belajar ketat biar keterima di UGM. Bulan Februari 2010 di minggu pertama aku tiba-tiba dipanggil ke ruang BP, dan ternyata di sana ada temen-temn yang lainnya juga, terus ibunya ngumumin kalau kita dikumpulin di situ karena kita keterima di IPB, dan ajaibnya aku keterima di kimia, oalah temen-temen yang lain pada senyum-senyum seneng, sementara aku cuman senyu-senyum asem. Apa iya aku harus ngambil IPB dan kuliah di kimia?.

Seminggu setelah pengumuman USMI aku berangkat ke Yogya buat tes UGM, tapi sesampainya di Yogya aku berasa ilfeel gitu sama pergaulan mahasiswanya, apa ya kok di mataku seakan-akan bebas, dan entah kenapa sepulang dari Yogya aku bikin keputusan buat ngambil IPB aja. Seminggu kemudian seleksi UGM di buka secara online, aku yang nunggu-nunggu hasil tesnya malah ketiduran, dan pas shubuh temenku sms kalau aku LOLOS ke UGM, what???? Aku..lolos UGM, enggak percaya aku langsung buka situsnya, dan ternyata bener aku lolos dan disurung datang minggu depan buat ngurusin registrasi dan semacamnya.    
Gak..percaya..ya emang rasanya itu enggak percaya banget bisa keterima dikampus yang udah aku idam-idamkan dari pas jamannya SMP, tapi tunggu, aku kan udah bilang ke ibu buat ambil IPB dan lunasin sebagian biayanya, masa iya sekarang aku tiba-tiba bilang enggak usah diambil IPBnya dan ambil UGM aja, dan komen ibuku ini “Emang kamu rela ngebuang uang segitu banyak, uang segitu itu enggak sedikit” dan ya..,masa aku plinplan gitu sih, ya udah lah IPB aja (dengan berat hati dan sangat terpaksa).

Pas ayah ke Bogor buat ngurusin pembayaran, ayah bawa buku yang ngejelasin jurusan-jurusan yang ada di IPB, beserta penjelasan-penjelasannya secara singkat, dan pas mau kehalaman terakhir aku baca ada jurusan ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN, wah aku baru tahu tuh ada jurusan itu, dan ketika ngeliat halaman IKK ada satu getaran yang waktu itu aku enggak nyadar tapi getaran itu kerasanya kuat banget, getaran yang entah gimana mengisyaratkan secara halus agar pada akhirnya aku HARUS berada di IKK.

AKU DAN IKK PADA AKHIRNYA

Ya..,getaran itu seakan-akan nariknya kuat banget dan kok aku ngerasanya itu penasaran banget sama departemen ini. Seperti biasa, untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang aku hadapi aku larinya ke buku, dan karena aku penasaran aku cari tahu semua tentang IKK di buku panduan sarjana.

Setelah dibaca rasanya aku jadi inget jaman-jamannya aku waktu lagi ngebet banget sama dunia anak, bagaimana tumbuh kembangnya,juga tentang keluarga dan gender. Aku kok...ya..pokoknya kenapa tiba-tiba jadi excited sama jurusan ini. Ga cukup informasi dari buku panduan sarjana, aku cari tahu mengenai IKK ke kakak-kakak tingkat, dan ya...aku benar-benar jatuh cinta. Dan kekuatan untuk benar-benar berganti status menjadi mahasiswa IKK semakin kuat, dan entah kenapa aku yakin banget bakalan jadi bagian dari IKK.

Secepatnya aku kasih tahu ibu, kalau aku pengen pindah jurusan ke IKK. Awalnya ibu kaget,kok bisa? Aku jelasin secara perlahan apa yang sebenernya aku mau, dan aku mau jadi bagian dari IKK, utamanya ibu pernah mengutarakan keinginannya kalau ibu pengen ngelihat aku berkecimpung di dunia akademik dengan cara aku menjadi dosen, dan aku membujuk ibu bahwasannya aku bakalan berusaha buat wujudin cita-cita ibu buat jadi dosen, tapi jadi dosen kan enggak harus jurusan kimia kan, IKK juga bisa. Ditambah lagi aku memang punya minat yang besar terhadap dunia anak, keluarga, dan gender jadi kalaupun ibu ingin ngeliat aku jadi dosen, aku akan berusaha buat jadi dosen IKK. Hingga akhirnya ibu ngerestuin aku buat pindah jurusan, meski keputusan ini tentunya bukan suatu keputusan yang mudah.

Awal semester dua aku langsung konsultasi sama konselor terkait dengan perubahan minat studi, dan saran konselorku waktu itu agar aku secepatnya menghubungi IKK terkait dengan perpindahan departemen, utamanya hal-hal apa yang harus aku persiapkan untuk pindah jurusan. Dan sesuai dengan petunjuk konselor aku di sarankan untuk menghadap langsung sekertaris departemen IKK yang ternyata memang kenalannya konselor, banyak hal yang aku konsultasikan utamanya alasan-alasan apa yang melatarbelakangi aku buat pindah jurusan.

Ibunya bener-bener bijak banget nasihatin aku ini-itu, yang mana intinya mungkin keinginan ku buat cepet-cepet ganti jurusan itu ya, hanya sebatas emosi, karena kekecewaan aku yang lama ketumpuk dan akhirnya meledak jadi suatu keinginan yang seakan-akan tiba-tiba dan bener-bener mengejutkan dan kalau dipikir-pikir iya juga sih, toh aku kan belum nyoba juga di departemen entar kayak apa, siapa tahu lambat laun aku bakalan kerasan di kimia dan ngelupain IKK, dan ya mungkin ini udah jalan Tuhan, dimana Tuhan milih aku buat istiqomah di kimia.

Awal masuk departemen pas ketemu dosen PA pertama kali aku langsung curhat, bahwasannya aku itu enggak sepenuhnya milih kimia, dan alhamdulillah nya aku dapet dosen PA yang luar biasa baiiiiiiiikkkkk banget, namanya ibu Eti Rohaeti campuran Ciamis dan Bandung, dan berhubung aku dari Tasik, jadi kita berasa lebih nyambung aja kalau pas sesi konsultasi, jadi bukan hanya akunya aja yang curhat, tapi ibunya juga, utamanya kalau aku udah mulai down, ibu Eti ini suka support aku dan ngasih cerita yang bener-bener bikin aku kuat lagi buat bangkit.

Pas belajar di departemen aku ketemu sama kimfis alias kimia fisika, pas belajar kimfis ini aku berasa terhibur dan ya..lumayan buat nguatin aku lah diantara mata kuliah-mata kuliah kimia yang bikin aku horor, dan aku berdoa sama Tuhan, jika emang kimia udah jodohku aku mohon kasih aku kesempatan buat jadi seorang ahli kimia fisika, dimana keinginanku buat jadi dosenpun terwujud juga. Tapi entah kenapa semakin aku memohon kayaknya bayang-bayang buat pindah ke IKK itu makin kuat aja,dan aku kok jadi bingung, sebenernya aku harus gimana dan aku ngerasa ada suatu daya yang kok kuat banget buat narik aku dari kimia dan segera beralih menjadi IKK, ya..daya itu semakin kuat, hingga aku berdoa lagi sama Tuhan, ya Tuhan jika memang IKK itu yang terbaik tolong bukakan jalannya Tuhan supaya aku beneran bisa jadi mahasiswa IKK, tapi kalau enggak dan emang harus kimia, tolong aku Tuhan, buat aku kuat buat ngehadepin semuanya yang mana aku enggak mau ngecewain ibu atas masa-masa kuliahku,dan Tuhan aku pengen banget ngewujudin cita-cita ibu buat ngeliat aku sukses berkecimpung di dunia akademik dengan cara menjadi dosen.

Melewati semester tiga aku bener-benet ngerasa galau banget sama status aku, disatu sisi aku suka banget sama kimia fisika, tetapi disisilain getaran kuat yang seakan-akan narik aku buat pindah ke IKK makin kuat aja. Hingga semester empat datang, dan PA ku menyarankan jika aku benar-benar serius di IKK, maka semester ini aku banyakin ngambil mata kuliah IKK, nanti kita lihat, apa emang aku lebih bagus atau justru malah lebih buruk, dan ya, masa ‘percobaan’ itupun dimulai.

GENDER DAN PENDIDIKAN HOLISTIK

Aku inget banget, itu hari senin dan jadual kuliah menunjukan kalau tepat jam satu siang aku ada kuliah pendidikan holistik,  wah apa itu pendidikan holistik, tapi menurut buku panduan sarjana pendidikan holistik itu ya terkait dengan teoritis-teoritis terus ada kalimat motivasi belajar siswa, wah aku makin bingung ini kira-kira belajar apaan ya, apalagi setelah aku ngobrol-ngobrol sama angkatan 46, mereka langsung kompakkan bilang kalau aku itu NEKAD banget ngambil penhol, dimana aku sendiri bener-bener minus sama ilmu dasar-dasarnya,tapi aku punya keyakinan kuat bahwasannya aku PASTI BISA melahap penhol dengan sempurna.

Nah sebelum semester empat (semester tiga) aku suka banget dengerin acaranya Ayah Edy di Smart fm, nama acaranya itu Indonesia Strong From Home, dan pas pertama kali aku denger itu aku denger yang temanya ‘Jangan Megajari Anak Anda Untuk Mencari Uang Tapi Ajari Agar Uang Mengejar Anak Anda (tuh kan temanya keren banget), ya, intinya tema itu ngajarin bahwa yang paling itu adalah passion, kalau kita ngerjain sesuatu karena passion, maka kita bakalan totalitas ngerjain kerjaan kita, begitupun sebaliknya, kalau orientasi kita materi kita bakalan diperbudak materi untuk terus-terus nambah tapi kita enggak dapet feel bahagianya, sementara intinya kita kan nyari kebahagiaan, percuma aja materi banyak,tapi...., kita enggak pernah ngerasa bahagia.

Habis ngedengerin itu aku jadi mikir, emang kimia itu masa depannya ngejanjiin banget, tapi kalau ngejanjiin dan kita enggak nyaman ya buat apa, buat apa materi banyak tapi kita enggak bahagia. Kita nolak apa yang menjadi passion kita, bohongin diri terus-terusan dan ngerasa ‘nyaman’ kan umur kita yang di kasih Tuhan itu limit, emangnya rela apa terus-terusan ngabisin umur buat suatu hal yang kita enggak mau?.

Selain Indonesia Strong From Home, di Smart Fm aku suka banget dengerin acaranya pak Arvan Pradiansyah, Smart Happiness dan waktu itu aku inget banget dipenghujung semester tiga pak Arvan dalem acaranya bilang “Ketika kita mempunyai mimpi, untuk apa berlama-lama hidup dalam mimpi orang lain” ampun, jleb banget enggak sih, dan berulangkali pak Arvan itu ngebahas passion, dimana beliau mengartikan passion itu merupakan calling alias panggilan Tuhan,dan kalau mau bahagia, ya kejarlah apa yang menjadi passion kita, apa yang Tuhan inginkan atas penciptaan diri kita,dan ya..., aku jadi inget tiap kali baca Jurnal Perempuan aku selalu ngerasa miris atas apa yang terjadi terhadap kaum perempuan, seakan-akan kok kesannya perempuan itu dicipta Tuhan menjadi makhluk yang gak berdaya, dan ya...aku kepengen banget mempelajari gender sebagaimana Gadis Artavia (pimpinan redaksi Jurnal Perempuan) memperjuangkan kesetaraan dengan latar belakang ilmunya.

Akhirnya...
Ya.., meski awalnya dibilang nekad untuk mengambil Pendidikan Holistik tapi semakin lama dipelajari aku bener-bener makin mencintai mata kuliah ini, utamanya ketika kuliah ke dua yang ngisi itu ibu Ratna Megawangi yang fokus pada pendidikan karakter,aku bener-bener excited dan permasalahan-permasalahan yang dikaji di pendidikan holistik itu emang mirip banget sama yang di bahas Ayah Edy di Indonesia Strong From Home, bagaimana sistem pendidikan yang awut-awutan, kenapa anak jadi minder bahkan benci sekolah, hingga pembahasan home schooling yang masih bias di masyarakat, di mana Ayah Edy sendiri merupakan pakar Holistical Learning dan Multiple Intelligences dengan tokohnya Howard Gardner yang lagi-lagi hal itu bener-bener dikaji di mata kuliah Pendidikan Holistik.

Lain Pendidikan Holistik, lain juga Gender. Dengan semangat pengen mengkaji Gender utamanya ketika aku mulai getol banget baca Jurnal Perempuan AKHIRNYA aku bener-bener ngedapetin apa yang aku cari di mata kuliah Gender dan Keluarga,dan Ibu Herien itu bagi aku inspiring banget pokoknya, apa ya..kita tahu akar dari gender itu teori Konflik Sosial sementara keluarga sendiri berangkat dari Struktural Fungsional yang selalu menuju kehomeostatisan tapi ibu Herien ini menyandingkan keduanya (tuh kan keren banget), ya Keluarga dan Gender disandingkan di mana sebenernya perspektif gender itu kan awalnya dibangun dari keluarga, dan spirit inilah yang enggak aku temukan ketika aku berusaha mengkaji gender dalam Jurnal Perempuan, dimana feminis seringkali luput atas solusi yang lebih ‘ramah’ untuk mengatasi kesetaraan.

Selain Gender dan Pendidikan Holistik, ada juga lho mata kuliah yang bikin kita jadi orang kaya namanya itu Management Keuangan Konsumen (MKK). Aku berpikiran bahwa MKK ini itu penting banget, dimana setelah aku ngambil mata kuliah ini aku jadi makin melek banget sama hal-hal yang berbau  financial, investasi, asuransi, hingga persiapan dana pensiun. Ditambah lagi, aku demen juga tuh dengerin talkshownya Tun Dasem Waringin di Smart Fm, pokoknya Pak Tun itu suka banget ngasih tips-tips gimana agar kita itu bisa berinvestasi secara cerdas dan pak Tun sendiri merupakan penulis buku Financial Revolution. Selain Pak Tun, ada juga bu Lidgwina Hananto dari QM Finance yang suka ngisi bagaimana kita memenej financial pribadi kita, tapi bu Lidgwina ngisinya di Cosmopolitan Fm, ya pokoknya MKK keren banget deh, dan kalau kita tahu diluar sana itu banyak banget orang yang excited untuk mempelajari apa-apa yang dipelajari di MKK ini. Pokoknya hobby ngedengerin acara radio terkait dengan financial ini match banget lah sama mata kuliah MKK.

Pokoknya pas ngambil kuliah di IKK itu rasanya tiap pergi kuliah itu aku rasanya jatuh cinta terus-terusan. Tiap hari itu (apalagi pas pelajarannya bu Melly, Penhol) rasanya kayak seminar tapi temanya itu bener-bener aku suka banget, ya..aku bahagia...pokoknya bahagiiiiiiiiiiaaaaaa banget lah,tapi satu hal, statusku masih tercatat sebagai mahasiswa kimia.

Beneran, pas aku ngambil kuliah IKK aku udah berasa jadi mahasiswa IKK sesungguhnya, hingga yang bikin aku tersipu ada satu dosen yang bilang kalau aku itu mahasiswa IKK, karena paling keliatan bawel juga kali ya pas praktikum, dan dengan BERAT HATI waktu itu aku menepis dugaannya, kalau sebenernya aku anak SC dan bukan IKK, walau dalem hati aku berdoa sama Tuhan kalau segera aku bakalan beneran tercatat secara resmi sebagai mahasiswa IKK.

TIGA KESEMPATAN YANG DITAWARKAN

Status yang enggak jelas, tentunya membawa kegalauan tersendiri. Terakhir kali aku konsultasi sama sekdep IKK ibunya menyarankan agar aku ikut SNMPTN atau UTM, biar prosesnya cepet, karena perpindahan departemen secara langsung karena alasan perubahan minat, IKK belum bisa menerima, dan ya, disela-sela UAS aku ikut tes SNMPTN.

Selesai UAS, aku menempuah alternatif ke dua, yaitu mengajukan surat perpindahan departemen kepada rektor, dan aku mempersiapkan diri untuk mencoba alternatif ke tiga, UTM, karena aku enggak begitu yakin dengan hasil SNMPTN dimana aku fokus belajar bener-bener kepisah antara belajar buat UAS dan belajar buat SNMPTN, dan SNMPTN tidak membawakan hasil seperti yang diharapkan.

Ya aku bener-bener sedih, utamanya ibu yang terus-terusan ngerasa bersalah karena waktu itu enggak ngasih kesempatan atas apa yang aku mau. Ya, gimana ya..,aku enggak mungkin menyalahkan ibu, karena aku tahu ibu juga merupakan korban parenting sebelumnya, ada parenting salah yang diterapkan utamanya dalam pengambilan keputusan besar dikeluarga, dan aku harus memutus rantai itu, aku harus benerin parenting untuk generasi berikutnya, dan aku jadi keinget kuliah gender, kalau sebenernya perempuan itu kaya ujung tombak dari keluarga, dimana disanalah peran ibu memiliki pengaruh besar, dan gender benar-benar menghapus pikiran picikku bahwasannya keluarga itu bukan suatu hal yang penting, dan menikah itu pilihan, dan aku berpikir kalau suatu saat nanti aku harus memutus semuanya dengan cara aku tidak menikah, tapi ternyata, setelah belajar gender aku sadar, pikiranku terlalu picik dalam memandang suatu hal, bukankah aku ingin membantu membenahi sistem pendidikan yang bermasalah, bukankah aku ingin kelak anak-anak Indonesia benar-benar mencintai sekolahnya, dan bukankah Thomas Lickona mengatakan “Meski anak-anak hanya berkisar 25% dari jumlah penduduk, tetapi jika kita fokus untuk membenahinya maka 100% masa depan akan terjamin” dan Ayah Edy, Pendidikan Holistik, serta Gender dan Keluarga sepakat, bahwa semuanya itu berawal dari rumah, jika aku menginginkan cita-cita itu untuk anak-anak Indonesia apakah aku tidak tergugah untuk menerapkan ilmu yang aku dapat kepada anakku sendiri, dan hal itu hanya dapat dicapai jika aku membentuk sebuah keluarga inti, dimana cara yang harus aku tempuh adalah dengan cara menikah.

Aku ingat nasihat ibu, ketika aku enggak lolos SNMPTN “Nak, Tuhan tau mana yang terbaik untuk umatNya. Jika Tuhan menghendaki kamu untuk IKK, maka Tuhan akan membukakan jalanNya, tapi jika Tuhan memang tidak juga membukakan jalanNya, maka kimia itu jalan kamu. Kamu harus menjalaninya dengan ikhlas, hilangkan semua emosi negatifmu, karena Tuhan tau, mungkin keinginan kamu hanya nafsu kamu, serahkan semuanya kepada Tuhan nak...”. Ya, ibu benar, mungkin keinginan aku buat jadi bagian IKK cuman nafsu aku, dan aku berdoa sama Tuhan, aku ikhlas nerima semua ketentuannya, jika Tuhan benar-benar menghendaki ku untuk melanjutkan kuliah di kimia.

Menjelang UTM, aku disibukan dengan dua kegiatan yang benar-benar berbeda. Satu sisi aku ikut program IPB mengajar, dimana liburanku benar-benar terpakai untuk persiapan turun lapang selama dua minggu. Mulai dari bikin RPP, SKM, SKH dan mengcreate bagaimana agar pengajaran yang disampaikan benar-benar fun learning, untungnya aku udah ngambil Pendidikan Holistik, jadi aku enggak begitu kesulitan untuk membuat semuanya, dan tentunya aku enggak boleh ngelupain projek terbesarku, dengan mempelajari kembali pelajaran-pelajaran SMA dengan lebih ketat dan keras, guna menempuh jalur UTM, agar aku benar-benar resmi diterima sebagai mahasiswa IKK.

UTM berlangsung tepat satu hari sebelum turun lapang, dimana pengumumannya sendiri diumumkan seminggu berikutnya, itu berarti aku sedang turun lapang, dan berhubung pengumumannya dibuka secara online, aku menghubungi adikku untuk melihat hasilnya, karena koneksi internet di tempatku turun lapang bener-bener bikin dahi kelipet-lipet hingga nampak kerutan-kerutan,dan ya..,aku bener-bener serahin semuanya ke Tuhan, apapun itu jawabannya, aku yakin itulah yang terbaik, dan Tuhan menginginkan itu jadi aku harus jalanin. Aku yakin..Tuhan ngasih cobaan pasti barengan sama solusinya, ya aku harus kuat dan aku ikhlas.

Minggu pertama pas turun lapang, rasanya itu deg-degan gak karuan. Deg-degan sama status yang belum jelas. Bawaannya kalau diajak ngobrol jadi seringkali enggak nyambung, tidurpun yang biasanya pules banget jadi keseringan kebangun tengah malem terus susah tidur. Paginya pas ketemu anak-anak yang biasanya kalau ngajar itu bikin aku bisa lupain masalah-masalah, ini malah sama aja, ngeliat anak-anak ketawa-tawa karena penyampaian materi yang aku bawakan penuh dengan ekspresi bagi aku justru enggak ngefek apa-apa, seakan perjuangan buat lolos IPB mengajar selama sebulan ini kaya kerasa flat aja, padahal hobby aku kan ngajar, tapi kok...,ah..pokoknya perasaannya itu bener-bener gundah gulana layaknya bunglon yang suka berganti-ganti warna.

Hingga malem itu malem Sabtu, dan UTM diumumin hari Sabtu. Ampun..itu tuh ya, rasanya deg-degan banget, gak bosen-bosennya aku sms ade ku buat buka pengumumannya, dan lagi-lagi malemnya ini beneran lebih SUSAH tidur lagi.

Sabtu yang ditunggupun datang. Aku udah mulai panik, takut-takutnya UTM pun gagal layaknya SNMPTN. Sabtu itu kebetulan sekolah lagi libur, dan berhubung dalam waktu dekat SD binaan kami akan bertarung dengan SD sebelah dalam lomba menyambut bulan Ramadhan dimana SD yang menjadi lawan kami merupakan SD binaan anak-anak UIN yang lagi KKN, jadi ini kayak pertarungan prestise antar universitas secara gak langsung. Tugasku waktu itu jadi penanggung jawab buat lomba mewarnai, jadi buat preparenya itu aku bareng partnerku sering bolak-balik warnet buat ngeprint gambar buat latihan mewarnai dan itu tuh udah jam sembilan, dan pas aku buka situsnya pake hp kok belum diumumin, dan aku sms temenku yang emang jalur masuknya UTM, aku nanya biasanya dibuka jam berapa, terus dia jawab kalau jam sembilan udah di buka sampai seringnya aku nanya-nanya dia jadi aneh juga, dan nanya “Emangnya siapa yang UTM” dan aku cuman jawab “Ini, anak omda”, lha aku enggak bohong-bohong juga kan, orang aku juga anak omda hehehe.

Jarum jam tepat menunjukkan waktu pukul sembilan tiga puluh, tapi pengumuman belum juga dibuka, dan kepanikkan ini kebaca juga sama partner ngajarku, terus dia nanya “Kok kayak panik banget, kenapa?” aku cuman jawab nyengir aja, dan berusaha nutupin perasaan “Enggak ko, enggak ada apa-apa” beuh, padahal ampun jantung udah kebat-kebit enggak beraturan, hingga dengan surprisenya situsnya bisa dibuka juga lewat hp, dan berhubung udah deg-degan gak karuan, sampai-sampai aku salah masukkin nomor peserta, dan beberapakali situsnya nolak, terus aku coba inget-inget lagi, dan bismillah kayaknya ini deh nomer pesertanya dan ya perlahan situsnya mulai ngerespon lho..lho..tapi kok itu kok panjang banget ya kebukanya (kan di hp harus pake di zoom,baru keliatan jelas) dan pas di zoom nafasku seakan terhenti (yah mati dong) pas scroll digeser kebawah ada tulisan SELAMAT ANDA DI TERIMA DI DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN, silakan melakukan registrasi....., ya kurang lebih isinya seperti itu. Ampun itu tuh, berasa enggak percaya, akhirnya perjuangan buat ngedapetin IKK selama 1,5 tahun terjawab sudah, dan inilah jawaban Tuhan pada akhirnya.

Ampun...,pokoknya itu waaaahhhh seneng banget lah ya pokoknya. Lega..plong..apa ya, ya bisa bayangin dong satu setengah tahun ngegalau status dan ya akhirnya lega banget kan,enggak sia-sia gitu, dan pastinya semua ini enggak bakalan kejadian tanpa campur tangan Tuhan. Give ini tuh sebenernya ujian juga, dimana Tuhan dengan jalanNya pengen nguji keseriusan aku dan nantiin hal-hal apa yang bakalan aku perbuat,utamanya tantangan-tangan yang meliputi dunia anak dan keluarga, karena sebenernya Tuhan itu tahu, tapi Tuhan itu menunggu.

MINGGU PERTAMA JADI ANAK BARU

Hari Senin, dan jadual yang aku dapet adalah Pengantar Management dan Psikologi Anak, yang konon katanya Psikologi Anak ini merupakan akar dari Pendidikan Holistik (whua..buahnya aja udah enak banget apalagi akarnya), statement hari pertama kuliah sebagai anak IKK itu beneran AMAZING banget pokoknya, lha gimana enggak apalagi pas Psikologi anak ngejelasin sejarah-sejarah dan teori-teori yang melandasi psikologi anak, dimana ketika bu Melly ngejelasin sejarahnya aku kayak remind bukan hanya Pendidikan Holistik yang pernah aku ambil, tapi juga ngingetin aku sama novel filsafatnya Jostein Gaarder, Dunia Sophie, sedikit banyak sejarahnya itu bener-bener mirip sama yang diceritain dinovel dimulai dari zamannya Yunani kuno sampai zamannya filsuf Descartes yang kita kenal dengan Cartesian Dualism, dimana fikiran dan tubuh itu benar-benar terpisah, pun dengan tokoh-tokoh lainnya yang juga nongol di Dunia Sophie seperti John Locke, Freud, Hegel, hingga Darwin. Ternyata ya, psikologi anak ini memiliki hubungan yang erat juga ya dengan filsafat, dimana kalau kita remind kalau ngomongin filsafat maka kita ngomongin asal-usul suatu ilmu dan berujung sama zamannya Socrates yang melahirkan orang-orang mengagumkan seperti Plato dan Aristoteles.

Okey...,selain Psikologi Anak yang bener-bener bikin aku semanget lagi buat terus-terusan menggali lebih dalem lagi tantang dunia anak, aku ngerasa di IKK ini aku belajar banyak hal yang dulu aku sempet punya pikiran mau ngambil jurusan ini-itu. Di IKK aku dapet mata kuliah Dasar-Dasar Komunikasi (inget dong dulu aku sempet ngebet banget kuliah komunikasi UI), Pengantar Management (yang ngupas abis seluk beluk perusahaan itu kayak gimana, pun dengan leadershipnya), Management Keuangan Konsumen (ilmu yang ngajarin kita biar jadi orang kaya, dan melek financial), Pengantar Ekologi Keluarga (jadi inget bukunya Rhonda Byrne The Power The Secret, yang ngejelasin kekuatan hukum tarik menarik dan kekuatan maha dashyat dari daya pun daya dan hukum tarik menarik ini milik alam yang dikuasai Tuhan), Gender dan Keluarga (mata kuliah yang WAJIB bin KUDU banget diambil sama wanita-wanita Indonesia), Pengantar Ilmu Keluarga (yang banyak ngajarin arti penting dari sebuah keluarga), Pendidikan Holistik (gila..ini tuh mata kuliah yang dewa banget deh, yang nimbulin spirit kita buat ngebenahin sistem pendidikan yang enggak ramah otak dan ramah anak), Perilaku Konsumen (yang banyak ngajarin agar kita jadi konsumen yang cerdas), Pemasaran Sosial (Bersiap turun lapang,disini ilmunya), dan ya aku baru ngambil segitu sih, pokoknya haduuuh masih banyak banget lah mata kuliah-mata kuliah yang PASTINYA dari namanya aja tuh udah keren banget pokoknya, seperti salah duanya itu Parenting dan Pendidikan Karakter yang sekarang-sekarang ini lagi getol banget dicari orang buat dipelajari.

Huft...sedikit menghela nafas, jadi ini yang Tuhan inginkan. Dari sekian banyak jurusan yang aku inginkan dulu, ternyata semuanya terjawab sudah di IKK dimulai dari aku pengen kuliah komunikasi, eh dapet juga daskom, ekonomi atau management di IKK kan ada ilmu-ilmu konsumen yang PASTI banget bersinggungan sama ekonomi dan management, belum lagi waktu aku juga ngebet pengen masuk psikologi eh aku dapet juga psikologi yang di match sama dunia anak, dan ketertarikan ku sama dunia anak, keluarga, gender, dan pendidikan di mana di IKK ada Ilmu yang ngupas tuntas tentang semuanya,ya semuanya..., bukan hanya sekedar keinginan aku yang sempet tersembunyi dan eggak terkabulkan buat ngambil ini itu, tapi inilah jawaban Tuhan, jawaban Tuhan yang menurutku indah dan paling indah. IKK mengemas semua yang aku suka, yang aku minati, menjadi satu kesatuan yang terintegrasi. Ya..aku percaya Tuhan itu tahu, tapi Tuhan itu menunggu. Menunggu kita untuk gigih memperjuangkan apa yang kita mau. Menciptakan liku bukan untuk membuat terpuruk,tapi karena Tuhan tahu bahwa kita mampu. Mampu sebagai insan pilihan Tuhan untuk melalui jalan dengan rute berliku, karena bukankah diujung sana Tuhan telah menyediakan kita sesuatu indah yang sama sekali tidak kita tahu.

Daya dan hukum tarik menarik yang telah Tuhan ciptakan. Passion yang berarti panggilan Tuhan pun penantian Tuhan dan jawaban atas rahasia di balik penciptaan kita, semuanya itu terangkai dengan begitu cantik walau tidak selalu terasa manis. Inilah jawaban atas semua penantian. Inilah liku yang diciptakan untuk menjemput impian. Dan inilah kesempatan yang benar-benar besar yang telah Tuhan berikan.

Ya..damai dan bahagia yang aku rasa sejak aku benar-benar telah dinyatakan resmi sebagai mahasiswa di IKK ini. Semakin aku belajar banyak hal dari departemen ini semakin aku yakin akan suatu perubahan besar yang akan segera terjadi. 

Anak-anak Indonesia menanti
Keluarga-keluarga Indonesia menanti
Wanita-wanita Indonesia yang merindukan datangnya kesetaraan dan keadilan pun menanti kami...
Bersama IKK perubahan besar itu akan segera terjadi dan PASTI
Terima Kasih Tuhan atas kasih dan jalan yang telah Engkau beri


“Lets make Indonesia strong from home”
-Ayah Edy-


Nb: teruntuk ibu ku, wanita luar biasa yang menginspirasi aku yang benar-benar mensupport aku atas pilihanku pada akhirnya, aku berjanji bu, aku enggak bakalan ngecewain ibu dengan pilihanku, maafkan aku ya bu, maaf kalau ibu syok dan kecewa karena keinginanku yang seakan-akan meledak dan tiba-tiba. Terima kasih bu, terima kasih buat kesempatan yang telah diberikan, semoga jalan ini adalah jalan yang benar-benar telah Tuhan kehendaki dan Tuhan berkati yang telah Tuhan simpan dan Tuhan berikan diwaktu yang tepat. Terima kasih..bu...terima kasih untuk kesempatan dan support yang telah ibu berikan, terima kasih untuk kesempatan aku meraih dan memilih jalan hidup yang aku kehendaki. Terima kasih ibu...., I love you.






  

Komentar

  1. Sama-sama, terima kasih ya, sudah menyempatkan untuk mampir =D.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, kak, aku maba ipb baru keterima snmptn, tapi aku keterima di pilihan kedua dan masih pengen banget masuk ke departemen yg jadi pil. pertamaku, karena gk bisa ngelepas snmptn jadi rencananya nanti aku mau pindah mayor kayak kakak. Aku nyari2 soal pindah jurusan dan akhirnya ketemu sama tulisan kakak ini. Btw kakak pindah di tahun kedua ya? Terus gimana tuh ngejar matkul2 ikk yg ketinggalannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam

      Karena di IPB tahun pertama merupakan TPB (Tingkat Persiapan Bersama) jadi tahun pertama itu belum masuk jurusan, baru masuk jurusan pas tingkat 2. Saya cuman ketinggalan 2 mata kuliah, jadi saya kejar di semester berikutnya. Resikonya ya saya kuliah bareng adik tingkat, jadi saya turun satu tahun (saya masuk IPB tahun 2010 dan sekelas dengan angkatan 2011, pun saya lulus barengan 2011). Kalau pindah jurusan nggak ada cara lain selain ikut lagi SBMPTN atau UTM, tentunya dengan pindah jurusan maka kamu dikenakan uang pangkal awal lagi, jadi kamu bayar uang masuk lagi sama kaya maba. Dulu saya masuk thn 2010 uang awalnya 18jt karena pindah jadi saya bayar lagi 24jt sebagai uang awal registrasi maba.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan