Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

IPB Mengajar 3




19 Jul. 12

Malemnya kita bener-bener nyantai dan jujur aku tidur lebih cepet dari biasanya karena rencana hari Kamis cuman mau ngelatih anak-anak yang bakalan dikirim buat ngewakilin sekolah buat lomba mewarnai dan surprisenya ternyata warnetnya BELUM buka padahal abangnya udah ngejanjiin kalau jam setengah tujuh mau buka,walhasil karena warnetnya tutup kita jadi ga bisa ngeprint dan bener-bener putar otak buat nyari solusi apa yang tepat,hingga akhirnya aku dan Lia memutuskan buat pake gambar yang kemarin aja,cuman gambarnya dituker dengan kelas lain,jadi kelas satu mewarnai Bob,kelas dua Pororo,dan kelas tiga nemo.

Sesampainya didepan perpus anak-anak udah pada dateng,padahal jam belum jam delapan dan diantara murid-murid yang udah pada dateng yang aku kenal cuman Wismar doang,eit bukannya apa-apa soalnya yang lainnya itu di atas kelas dua jadi aku ga hapal (alibi). Nunggu beberapa menit akhirnya latihan mewarnai dimulai juga dan doa dipimpin oleh Wismar tentunya hingga tak lama kemudia datanglah Zain yang seperti biasanya diantar oleh ibunya. 

Anak-anak terlihat asik mewarnai gambarnya masing-masing,tapi sayangnya kebanyakan pada ga mau ngewarnai pake crayon maunya sama pinsil warna kalau kata Wismar sih ngewarnai pake crayon itu hasilnya jeblog-jeblog dan bikin tangan kotor (euleuh). Karena orang-orang terpilih hasil gambar mereka emang udah keliatan bagus dan rapih,hanya saja perlu juga lebih sering untuk berlatih lagi agar hasil yang diinginkan optimal.


Selesai mewarnai aku bareng Lia diajakin bunda (istri wakasek SD) buat belanja ke pasar Leuwiliang buat beli bahan-bahan buat ngerujak (aih tiap kali ngedenger kata Leuwiliang PASTI otaknya langsung konek ke STKIP Muhammadiyah,karena biasanya kalau ke Leuwiliang ya PASTI ke STKIP). Okey,sesampainya di pasar kepala udah penat duluan,lha apan saya enggak begitu suka sama tempat yang dikerumuni banyak orang entah kenapa pusing banget kalau ngeliat orang banyak. Masuk ke kios satu dan ke kios lainnya eh akhirnya masuklah ke kios Pak Adang (sesepuh Muhammadiyah kab Bogor) yang ampun banyak banget orang belanja disitu,nah aku sendiri nyadarnya itu punya Pak Adang pas mau ambil barang di tempat penitipan,eh kok kaya kenal bapa-bapa yang ada di kasir itu,dan ah ya..itukan Pak Adang,tapi saya juga ragu apakah Pak Adang mengenali saya ehehehe (lho kok jadi nyambung ke Pak Adang?).

Sehabis ngerujak dasar-dasar emang pada perut kentung kita laper banget kan,nah akhirnya aku,Lia,dan Deden sepakat buat hunting bakso,tapi berhubung kita gak tahu pedagang baksonya sembunyi dimana akhirnya kita tanya sana-sini dan ternyata penjual bakso yang enak itu tempatnya jauh (yah sama aja kalau kayak gini mah) tapi berhubung kita bertiga emang bener-bener laper jadi ya kita memutuskan untuk membeli bakso yang didaerah itu aja yang deket,bodo amat rasanya enak atau enggak sing penting rasa penasaran untuk makan bakso terpenuhi.
Perjalanan menuju lokasi tukang bakso itu bukanlah perjalanan yang lempeng-lempeng aja tapi bener-bener terjal dan menikung tajam sekitar 450 gila pokoknya kakik itu sampai pegel banget ngelalui jalan itu,tapi ya apa boleh buat keterjalan jalan MASIH terkalahkan dengan keinginan untuk makan bakso.

Dari luar itu emang enggak keliatan tukag bakso,tetapi enggak lama kemudian muncullah nenek-nenek yang ternyata penjual baksonya. Ruangan untuk jualan baksonya sendiri itu enggak ada ruangan khusus jadi ya seperangkat alat-alat jualannya di teras rumah,sementara yang makan di dalem rumah tepatnya di ruang tamu. Tapi pada akhirnya kita sepakat buat makan di luar aja,kebetulan ada kursi-kursi kayu yang bisa didudukin jadi kita makannya di situ. Lha bayangin dong kalau kita makan di ruang tamu ibunya,udah mah ada bayi yang nagis-nangis,keluarga ibunya yang hilir mudik,pokoke enggak banget kan berasa orag asing nyelonong masuk dan numpang makan gitu aja -,-.
Makan di pinggir jalan banget bener-bener pengalaman aku yang pertama,lha apan kalau makan di pinggir jalan biasanya juga suka ada tendanya lha ini mah kagak langsung aja bener-bener kaya anak nongkrong gitu. Tanpa AC ataupun kipas angin angin semeliwir sorepun jadi dan yang bener-bener bikin syok itu ukuran baksonya gede banget jadi bingung mau makannya gimana ditambah lagi makan tanpa meja yang aje gile ribet banget. Lia,aku,dan Deden asik cerita sana sini dan trek semua pandangan kita mengarah ke sebelah kiri jalan dan eng..ing..eng ada domba gendut banget warna item putih jalan ke arah kita,kita udah kebat-kebit deg-degan gak karuan dan serentak pada berhenti makan,dan pas tuh domba PAS BANGET ada di depan kita eh dia malah berhenti terus menatap kita lama dengan tatapan mata kucing yang kelaperan ikan asin seakan-akan berkata “Bagi dong,laper juga nih bosen makan daun mulu” dan kita bertiga cuman saling tatap dengan mimik ketakutan apalagi kalau tiba-tiba nyeruduk dan ngancurin acara makan bakso kita yang bener-bener eksotis,dan untungnya tuh domba ada pengembalanya,seorang bapak tua dengan kostum hansip yang lengkap jadi buru-buru tuh domba digiring jalan lagi,dan fiuh kita semua pada mengelus dada lega. Tantanganpun belum berakhir sampai di situ,karena rute jalan pulang emang nanjak banget dan bener-bener berliku sampai kakiku cenat-cenut dan perut udah laper lagi.

Sesampainya di rumah Pak Sitorus aku sama Lia langsung aja ketawa-tawa mengenang kejadian makan bakso eksotis barusan,well berhubung sebentar lagi magrib jadi kita langsung capcus mandi dan bersiap untuk mempersiapkan hari pertama ramadhan esok yang ini bener-bener pengalamanku yang pertama untuk puasa di tengah-tengah keluarga yang bukan keluarga langsung serta diwarnai dengan semaraknya warga desa untuk mempersiapkan bulan ramadhan.

Hemmhhh...ceritanya segitu dulu ya,kita sambung lagi besok dengan cerita yang enggak kalah SERU karena kita mau ngadain penyuluhan ibu-ibu ^^d.



SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan