(Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah. Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya b...
Biar ga pada bingung,aku mau
cerita sedikit nih sejarahnya IPB mengajar. Okey,jadi ceritanya aku ikut
program IPB mengajar,dan IPB mengajar angkatanku ini angkatan yang pertama lho.
Eniwei,IPB mengajar itu program kelanjutan IDEA (IPB Dedication for Education)
yang eventnya emang rutin diadain tiap tahun,cuman turun ngajarnya sendiri baru
ada tahun ini,nah IDEA sendiri itu acara tahunannya anak BEM bagian kementrian
pendidikan dan yang bikin bangga IPB mengajar sendiri diresmiin secara langsung
sama Pak Anis Baswedan (pasti tahu kan),yupsz Pak Anis sendiri merupakan
pelopor Indonesia mengajar dimana Indonesia Mengajar ini merupakan wadah buat
mahasiswa menjadi seorang relawan ngajar yang nantinya dia bakalan ditempatin
di pelosok-pelosok yang konon katanya nama daerahnya seringkali enggak
tercantum di peta (euleuh). Sebelum dikukuhkan menjadi pengajar kita ada tiga
tahap seleksi yaitu seleksi berkas,seleksi wawancara,dan yang terakhir adalah
seleksi pas training selama satu bulan. Seleksi berkas sendiri itu ada sekitar
300 orang yang daftar, masuk ke seleksi wawancara tinggal 100,dan maju ke tahap
training ada 23 orang nah dari 23 orang itulah terpilih 12 orang yaitu kak
Bagas,Prisca,David,Deden,Kiki,Astri,Tika,Galuh,Lia,Avina,Maya,dan aku.
Paling bawah dari kanan: Galuh,Astri,Lia,kak Bagas
Atas kanan: Deden,Maya,Tika,Kiki,aku,Avina,David
Jadi selama
training itu kita bener-bener digojlog dan dibekali dengan matang apa-apa
mengenai pendidikan utamanya apa yang harus kita siapkan sebagai seorang
pengajar dan di hari terakhir kita ada praktik ngajar langsung bekerjasama
dengan Birena IPB (Remaja masjid yang megang TPA Al Hurriyah).
IDEA
2012 host Alvin Adam (Just Alvin)
Training
bareng kak Rusdi alumni Indonesia Mengajar (alumni IPB juga lho)
Eniwei,tepatnya tanggal 15 Juli 2012 kemaren,kita di berangkatkan ke desa
tujuan. Desanya sendiri sih sebenernya jaraknya enggak terlalu jauh juga dari
kampus ya sekitar 15 menitlah kalau gak macet. Nama desanya itu Desa Leuweung
Kolot dan kita sendiri ditempatkan di SDN Leuweung Kolot 7
Okey,intinya keadaan sekolahnya enggak seburuk yang dibayangin ya masih
bisa dibilang ‘cukup’ layaklah dibandingin sekolahnya Andrea Hirata dulu
(ehehe) cuman ya itu kondisi perekonomian warga sini emang rata-rata menengah
ke bawah karena kebanyakan warganya berprofesi sebagai pemulung,walau desa ini
juga cukup terkenal dengan produksi tahu pongnya.
Untuk turun lapang kali ini aku bareng Lia bagian megang kelas satu,amplop
deh kalau dapet kelas satu berarti MUSTI EKSTRA SABAR apalagi ngadepin anak
yang notabenenya emang enggak ngalamin TK or PAUD,but sebenernya ini juga
merupakan tantangan yang emang bener-bener menantang karena disamping emang
musti kudu sabar ngadepin anak-anak ya apan sedikit banyak aku udah belajar
pendidikan holistik dimana secara teori umur anak kelas satu SD itu lagi
masa-masanya penentuan tumbuhnya motivasi belajar anak,kalau cara ngedidiknya
udah salah pas umur-umur segini wah kedepannya bisa KACAU,so okey Tuhan menagih
aplikasi atas ilmu yang telah aku pelajari dan benar-benar aku cintai.
Beralih ke tempat tinggal. Semua pengajar meski tinggak di desa yang
sebenernya enggak jauh dari kampus tapi selama kita turunlapang itu kita
bener-bener terisolasi dan enggak boleh ninggalin desa terkecuali urusan
akademik,so setiap pengajar bareng partnernya ditempatkan di satu rumah kecuali
yang partner ngajarnya cowo berarti gabung sama pengajar lain (ya kali,emang
mau disatuin apa). Nah,yang bikin aku kaget ternyata aku ditempatkan di rumah
Pak Sitorus yang dari namanya aja udah ketahuan banget kalau Pak Sitorus ini
adalah orang Batak. Awalnya rada kaget juga dapet orang Batak,ya kali takutnya
noni (non Islam) tapi ternyata keluarga Pak Sitorus Muslim.
Rumah Pak Sitorus
Well,di Pak Sitorus punya empat anak, tiga cewe satu cowo. Anak pertama
dipanggil butet,anak ke dua dipanggil inang,anak ke tiga panggilannya ucok,dan
yang terakhir bayi yang masih berumur lima bulan yaitu Ruth yang ampun tuh bayi
kerjaannya senyuuuuum terus,jarang banget deh kedengeran kalau dia nangis.
Okey,pertama kali dateng dan bertemu Pak Sitorus emang jujur rada serem juga
apalagi dengan logat bataknya yang bener-bener kentel plus muka batak sangar
yang mendukung (ehehehe) tapi dibalik itu keluarga Pak Sitorus emang welcome
banget apalagi ibunya yang ternyata asli Bandung kalau Pak Sitorus sendiri
emang asli Medan.
(yang lagi gendong
anak itu bukan Pak Sitorus ya)Penyambutan keluarga Pak Sitorus
Jadi di hari pertama kedatangan itu setelah ada acara pelepasan pengajar
kita ada keliling-keliling desa dulu,intinya sih biar kita tahu jalan ehehe
apan malu-maluin kalau ke sasar dan ga tahu jalan pulang.
Dan ternyata
desa ini memiliki kecantikan alam yang enggak kalah buat dinikmati,pokoke
pemandangan di sana SUBHANALLOH INDAAAAAAAHHHH BANGEEEEEEEETTTTT.
Hari Senin 16
Juli 2012
Semalam tidur nyenyaaaaak banget
karena kecapean juga kali ya siangnya(alibi,biasanya juga gitu). Whokey dan
setiap hari senin itu sebagaimana layaknya sekolah formal pada umumnya PASTI
ada yang namanya upacara bendera (whualah setelah beberapa tahun ga upacara
bendera hari senin,akhirnya upacara juga) dan karena upacara emang biasanya
tepat pukul tujuh jadi udah riweuh banget deh pas pagi-paginya terutama dalam
hal pemakaian kamar mandi yang cuman satu untuk semua ditambah lagi keluarga
ini masih punya dua orang anak usia sekolah yang mau digimanain juga MUSTI
BERANGKAT PAGI-PAGI. Well,aku ambil inisiatif besok-besok kalau mandi biar ga
‘ngantri’ mandinya harus shubuh-shubuh.
Teng jam tujuh pagi,sms udah
ngebrudul ga ketulungan yang isinya “Lagi pada di mana?” yang ASLI bikin
jantung kebat-kebit,lha iya dong masa gurunya dateng telat idih ga lucu
bangetkan? But fiuh..pas nyampe sana ternyata upacara belum mulai,dan kata pak
gurunya upacara dimulai jam 07.30 tekdung...olala..beda sama sekolah lain
ternyata.
Hari pertama sekolah biasanya
emang enggak langsung berjalan efektif,begitupun dengan sekolah ini dan inilah
suasana kelas satu yang ternyata tahun ini jumlah muridnya hanya 16 orang
Hari pertama
ngajar bingung juga mau ngapain,pokoke semua teori pembelajaran entah mengapa
menguap dengan seketika terutama pas menghadapi anak yang butuh perlakuan
khusus,ya dan anak itu bernama Didi. Awalnya aku nganggep dia ya sama kayak
anak lainnya tapi kok ya pas dikasih tugas kayaknya dia rada plenga-plengo
gimana gitu pokoknya beda lah sama yang lain,dan yang bikin aku kaget pas aku
lagi coba deketin Didi eh tiba-tiba ibunya nyamperin aku dan bilang kalau Didi
anaknya rada-rada hyperaktif makanya dia PAUDnya enggak selesai,well ini
tantangan dan aku harus kasih Didi support supaya enggak kalah semangat belajar
kayak yang lain.
Jam istirahatpun tiba dan ibunya
Didi cerita kalau Didi itu ditinggal ayahnya pas umur satu tahun,dan ia suka
tiba-tiba step panas gitu,pokoknya kalau udah step dia kayak orang amnesia yang
enggak inget sama siapapun,okey dari sini aku mulai bisa paham kenapa Didi rada
beda sama yang lain. Sambil jalan menuju kelas dan sambil mikirin gimana cara
nanganin anak unik kayak Didi eh aku disamperin sama salahsatu orangtua murid
dan ibunya bilang “Mba...,semanget banget pas ngajar. Ibu demen banget liatnya”
wuhu ngedengernya jadi berasa gimana gitu dan aku Cuma bisa jawab “Saya sih emang
suka banget sama anak-anak bu” sambil nyengir GR.
Jam istirahat selesai,waktunya
kembali ke kelas dan keunikan yang dimiliki Didi MAKIN terlihat jelas,Didi
bener-bener enggak mau ngikutin instruktur dari guru pengennya misahin diri
terus,gila pokoknya aku harus LEBIH AGRESIF deketin dia hingga keagresifanku
mulai membuahkan hasil walau dampaknya Didi jadi rada caper juga sama aku,but
tak apalah perlahan tapi pasti,yang penting Didi udah ada feel buat belajar di
kelas.
Lain Didi lain Ilham. Awalnya aku
bener-bener dibuat kagum soalnya cuman Ilham yang nurut dan sedikit terlihat
lebih ‘mateng’ dibandingin yang lainnya. Di mulai dari pas dia mimpin kelas pas
doa sampai menulis yang bagus banget buat ukuran anak kelas satu SD,tetapi
selidik punya selidik Ilham ternyata siswa pengulang alias enggak naik ke kelas
dua,Tuhan semoga tahun ini Ilham bisa naik kelas dan bener-bener enjoy buat
belajar. SEMANGAT ILHAM,KAMU PASTI BISA ILHAM!!!!!.
Well,nerapin teori-teori yang
aku dapet itu ampyun enggak semudah yang dibayangin apalagi kalau enggak ada
kerjasama dari orangtua dan guru. Banyak banget pantangan dalam teori yang
sebenernya enggak boleh dilakuin selama proses belajar mengajar karena punya
efek yang luar biasa buruk. Dimulai dari anak-anak yang kebanyakan emang enggak
bisa duduk manis saat pelajaran berlangsung,pas ngadepin situasi ini seharusnya
dalam teori ya anak dibiarin aja,biarin anak aktif yang berarti gurunya juga
HARUS LEBIH AKTIF lagi dalam menyampaikan pelajaran biar bikin anak ga
boring,soalnya tipe anak yang terus-terusan dikondisikan duduk manis terus ya
secara enggak langsung udah ngebentuk citra diri minder mengekspresikan apa
yang ia rasakan,anak jadi takut berbuat salah dan selalu cari aman dengan cara
adem ayem aja. Apalagi nih yang enggak diduga orangtua dari luar kelas
terus-terusan neriakin anaknya biar duduk manis ampun saya melanggar pantangan
teori ini. Belum lagi guru yang mengatakan kata depan yang harus dilanjutkan
penyebutannya oleh anak misal “Jadi kalian itu harus rajin belajar biar
pin....” muridnya jawab “pinter” nah itu tuh enggak boleh,gimana kalau anak
punya jawaban lain yang lebih unik dan emang bener tapi ternyata yang dia
pikirin beda sama yang gurunya bilang kan ini juga secara enggak langsung
membunuh rasa percaya diri anak,hingga gak aneh banyak siswa yang kalau dikasih
pertanyaan berani jawabnya kalau keroyokan,karena kalau dia jawab sendiri udah
gitu kenceng dan salah berarti itu tuh udah memalukan banget,kan efeknya malah
ga bener kan.
Eniwei,banyak banget pelajaran
di hari pertama ngajar ini. Semoga kedepannya berjalan lebih baik dan
teori-teori pembelajaran khususnya yang aku dapet di mata kuliah Pendidikan
Holistik bener-bener bisa diterapkan sehingga belajar bukanlah menjadi suatu
momok yang benar-benar menakutkan dan membosankan. So...segitu dulu aja ya buat
hari ini,mata udah mulai berat banget,dan bersiap mempersiapkan diri untuk hari
esok dalam rangka kegiatan pertanian kreatif....so tunggu cerita berikutnya ya
=D.
Komentar
Posting Komentar