Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

IPB Mengajar 1

Biar ga pada bingung,aku mau cerita sedikit nih sejarahnya IPB mengajar. Okey,jadi ceritanya aku ikut program IPB mengajar,dan IPB mengajar angkatanku ini angkatan yang pertama lho. Eniwei,IPB mengajar itu program kelanjutan IDEA (IPB Dedication for Education) yang eventnya emang rutin diadain tiap tahun,cuman turun ngajarnya sendiri baru ada tahun ini,nah IDEA sendiri itu acara tahunannya anak BEM bagian kementrian pendidikan dan yang bikin bangga IPB mengajar sendiri diresmiin secara langsung sama Pak Anis Baswedan (pasti tahu kan),yupsz Pak Anis sendiri merupakan pelopor Indonesia mengajar dimana Indonesia Mengajar ini merupakan wadah buat mahasiswa menjadi seorang relawan ngajar yang nantinya dia bakalan ditempatin di pelosok-pelosok yang konon katanya nama daerahnya seringkali enggak tercantum di peta (euleuh). Sebelum dikukuhkan menjadi pengajar kita ada tiga tahap seleksi yaitu seleksi berkas,seleksi wawancara,dan yang terakhir adalah seleksi pas training selama satu bulan. Seleksi berkas sendiri itu ada sekitar 300 orang yang daftar, masuk ke seleksi wawancara tinggal 100,dan maju ke tahap training ada 23 orang nah dari 23 orang itulah terpilih 12 orang yaitu kak Bagas,Prisca,David,Deden,Kiki,Astri,Tika,Galuh,Lia,Avina,Maya,dan aku.

 
Paling bawah dari kanan: Galuh,Astri,Lia,kak Bagas
Atas kanan: Deden,Maya,Tika,Kiki,aku,Avina,David

Jadi selama training itu kita bener-bener digojlog dan dibekali dengan matang apa-apa mengenai pendidikan utamanya apa yang harus kita siapkan sebagai seorang pengajar dan di hari terakhir kita ada praktik ngajar langsung bekerjasama dengan Birena IPB (Remaja masjid yang megang TPA Al Hurriyah).
IDEA 2012 host Alvin Adam (Just Alvin)
Training bareng kak Rusdi alumni Indonesia Mengajar (alumni IPB juga lho)

Eniwei,tepatnya tanggal 15 Juli 2012 kemaren,kita di berangkatkan ke desa tujuan. Desanya sendiri sih sebenernya jaraknya enggak terlalu jauh juga dari kampus ya sekitar 15 menitlah kalau gak macet. Nama desanya itu Desa Leuweung Kolot dan kita sendiri ditempatkan di SDN Leuweung Kolot 7


Okey,intinya keadaan sekolahnya enggak seburuk yang dibayangin ya masih bisa dibilang ‘cukup’ layaklah dibandingin sekolahnya Andrea Hirata dulu (ehehe) cuman ya itu kondisi perekonomian warga sini emang rata-rata menengah ke bawah karena kebanyakan warganya berprofesi sebagai pemulung,walau desa ini juga cukup terkenal dengan produksi tahu pongnya.


 
Untuk turun lapang kali ini aku bareng Lia bagian megang kelas satu,amplop deh kalau dapet kelas satu berarti MUSTI EKSTRA SABAR apalagi ngadepin anak yang notabenenya emang enggak ngalamin TK or PAUD,but sebenernya ini juga merupakan tantangan yang emang bener-bener menantang karena disamping emang musti kudu sabar ngadepin anak-anak ya apan sedikit banyak aku udah belajar pendidikan holistik dimana secara teori umur anak kelas satu SD itu lagi masa-masanya penentuan tumbuhnya motivasi belajar anak,kalau cara ngedidiknya udah salah pas umur-umur segini wah kedepannya bisa KACAU,so okey Tuhan menagih aplikasi atas ilmu yang telah aku pelajari dan benar-benar aku cintai.

Beralih ke tempat tinggal. Semua pengajar meski tinggak di desa yang sebenernya enggak jauh dari kampus tapi selama kita turunlapang itu kita bener-bener terisolasi dan enggak boleh ninggalin desa terkecuali urusan akademik,so setiap pengajar bareng partnernya ditempatkan di satu rumah kecuali yang partner ngajarnya cowo berarti gabung sama pengajar lain (ya kali,emang mau disatuin apa). Nah,yang bikin aku kaget ternyata aku ditempatkan di rumah Pak Sitorus yang dari namanya aja udah ketahuan banget kalau Pak Sitorus ini adalah orang Batak. Awalnya rada kaget juga dapet orang Batak,ya kali takutnya noni (non Islam) tapi ternyata keluarga Pak Sitorus Muslim.

 
Rumah Pak Sitorus
Well,di Pak Sitorus punya empat anak, tiga cewe satu cowo. Anak pertama dipanggil butet,anak ke dua dipanggil inang,anak ke tiga panggilannya ucok,dan yang terakhir bayi yang masih berumur lima bulan yaitu Ruth yang ampun tuh bayi kerjaannya senyuuuuum terus,jarang banget deh kedengeran kalau dia nangis. Okey,pertama kali dateng dan bertemu Pak Sitorus emang jujur rada serem juga apalagi dengan logat bataknya yang bener-bener kentel plus muka batak sangar yang mendukung (ehehehe) tapi dibalik itu keluarga Pak Sitorus emang welcome banget apalagi ibunya yang ternyata asli Bandung kalau Pak Sitorus sendiri emang asli Medan.
 
(yang lagi gendong anak itu bukan Pak Sitorus ya)Penyambutan keluarga Pak Sitorus 

Jadi di hari pertama kedatangan itu setelah ada acara pelepasan pengajar kita ada keliling-keliling desa dulu,intinya sih biar kita tahu jalan ehehe apan malu-maluin kalau ke sasar dan ga tahu jalan pulang.


Dan ternyata desa ini memiliki kecantikan alam yang enggak kalah buat dinikmati,pokoke pemandangan di sana SUBHANALLOH INDAAAAAAAHHHH BANGEEEEEEEETTTTT.

Hari Senin 16 Juli 2012
                Semalam tidur nyenyaaaaak banget karena kecapean juga kali ya siangnya(alibi,biasanya juga gitu). Whokey dan setiap hari senin itu sebagaimana layaknya sekolah formal pada umumnya PASTI ada yang namanya upacara bendera (whualah setelah beberapa tahun ga upacara bendera hari senin,akhirnya upacara juga) dan karena upacara emang biasanya tepat pukul tujuh jadi udah riweuh banget deh pas pagi-paginya terutama dalam hal pemakaian kamar mandi yang cuman satu untuk semua ditambah lagi keluarga ini masih punya dua orang anak usia sekolah yang mau digimanain juga MUSTI BERANGKAT PAGI-PAGI. Well,aku ambil inisiatif besok-besok kalau mandi biar ga ‘ngantri’ mandinya harus shubuh-shubuh.

                Teng jam tujuh pagi,sms udah ngebrudul ga ketulungan yang isinya “Lagi pada di mana?” yang ASLI bikin jantung kebat-kebit,lha iya dong masa gurunya dateng telat idih ga lucu bangetkan? But fiuh..pas nyampe sana ternyata upacara belum mulai,dan kata pak gurunya upacara dimulai jam 07.30 tekdung...olala..beda sama sekolah lain ternyata. 

                Hari pertama sekolah biasanya emang enggak langsung berjalan efektif,begitupun dengan sekolah ini dan inilah suasana kelas satu yang ternyata tahun ini jumlah muridnya hanya 16 orang


Hari pertama ngajar bingung juga mau ngapain,pokoke semua teori pembelajaran entah mengapa menguap dengan seketika terutama pas menghadapi anak yang butuh perlakuan khusus,ya dan anak itu bernama Didi. Awalnya aku nganggep dia ya sama kayak anak lainnya tapi kok ya pas dikasih tugas kayaknya dia rada plenga-plengo gimana gitu pokoknya beda lah sama yang lain,dan yang bikin aku kaget pas aku lagi coba deketin Didi eh tiba-tiba ibunya nyamperin aku dan bilang kalau Didi anaknya rada-rada hyperaktif makanya dia PAUDnya enggak selesai,well ini tantangan dan aku harus kasih Didi support supaya enggak kalah semangat belajar kayak yang lain.
                Jam istirahatpun tiba dan ibunya Didi cerita kalau Didi itu ditinggal ayahnya pas umur satu tahun,dan ia suka tiba-tiba step panas gitu,pokoknya kalau udah step dia kayak orang amnesia yang enggak inget sama siapapun,okey dari sini aku mulai bisa paham kenapa Didi rada beda sama yang lain. Sambil jalan menuju kelas dan sambil mikirin gimana cara nanganin anak unik kayak Didi eh aku disamperin sama salahsatu orangtua murid dan ibunya bilang “Mba...,semanget banget pas ngajar. Ibu demen banget liatnya” wuhu ngedengernya jadi berasa gimana gitu dan aku Cuma bisa jawab “Saya sih emang suka banget sama anak-anak bu” sambil nyengir GR.

                Jam istirahat selesai,waktunya kembali ke kelas dan keunikan yang dimiliki Didi MAKIN terlihat jelas,Didi bener-bener enggak mau ngikutin instruktur dari guru pengennya misahin diri terus,gila pokoknya aku harus LEBIH AGRESIF deketin dia hingga keagresifanku mulai membuahkan hasil walau dampaknya Didi jadi rada caper juga sama aku,but tak apalah perlahan tapi pasti,yang penting Didi udah ada feel buat belajar di kelas.

                Lain Didi lain Ilham. Awalnya aku bener-bener dibuat kagum soalnya cuman Ilham yang nurut dan sedikit terlihat lebih ‘mateng’ dibandingin yang lainnya. Di mulai dari pas dia mimpin kelas pas doa sampai menulis yang bagus banget buat ukuran anak kelas satu SD,tetapi selidik punya selidik Ilham ternyata siswa pengulang alias enggak naik ke kelas dua,Tuhan semoga tahun ini Ilham bisa naik kelas dan bener-bener enjoy buat belajar. SEMANGAT ILHAM,KAMU PASTI BISA ILHAM!!!!!.

                Well,nerapin teori-teori yang aku dapet itu ampyun enggak semudah yang dibayangin apalagi kalau enggak ada kerjasama dari orangtua dan guru. Banyak banget pantangan dalam teori yang sebenernya enggak boleh dilakuin selama proses belajar mengajar karena punya efek yang luar biasa buruk. Dimulai dari anak-anak yang kebanyakan emang enggak bisa duduk manis saat pelajaran berlangsung,pas ngadepin situasi ini seharusnya dalam teori ya anak dibiarin aja,biarin anak aktif yang berarti gurunya juga HARUS LEBIH AKTIF lagi dalam menyampaikan pelajaran biar bikin anak ga boring,soalnya tipe anak yang terus-terusan dikondisikan duduk manis terus ya secara enggak langsung udah ngebentuk citra diri minder mengekspresikan apa yang ia rasakan,anak jadi takut berbuat salah dan selalu cari aman dengan cara adem ayem aja. Apalagi nih yang enggak diduga orangtua dari luar kelas terus-terusan neriakin anaknya biar duduk manis ampun saya melanggar pantangan teori ini. Belum lagi guru yang mengatakan kata depan yang harus dilanjutkan penyebutannya oleh anak misal “Jadi kalian itu harus rajin belajar biar pin....” muridnya jawab “pinter” nah itu tuh enggak boleh,gimana kalau anak punya jawaban lain yang lebih unik dan emang bener tapi ternyata yang dia pikirin beda sama yang gurunya bilang kan ini juga secara enggak langsung membunuh rasa percaya diri anak,hingga gak aneh banyak siswa yang kalau dikasih pertanyaan berani jawabnya kalau keroyokan,karena kalau dia jawab sendiri udah gitu kenceng dan salah berarti itu tuh udah memalukan banget,kan efeknya malah ga bener kan.

                Eniwei,banyak banget pelajaran di hari pertama ngajar ini. Semoga kedepannya berjalan lebih baik dan teori-teori pembelajaran khususnya yang aku dapet di mata kuliah Pendidikan Holistik bener-bener bisa diterapkan sehingga belajar bukanlah menjadi suatu momok yang benar-benar menakutkan dan membosankan. So...segitu dulu aja ya buat hari ini,mata udah mulai berat banget,dan bersiap mempersiapkan diri untuk hari esok dalam rangka kegiatan pertanian kreatif....so tunggu cerita berikutnya ya =D.
               






               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan