Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

IPB Mengajar 2


17 Juli 2012

Jadi ceritanya,di minggu pertama emang enggak masuk sekolah formal tapi kita ada program sekolah terbuka. Sekolah terbuka ini lebih ke gimana caranya supaya ada emotional bonding antara pengajar dan anak-anak. 

Pagi yang cerah banget meski badan rada sedikit remuk karena aktifitas kemaren (maklum baru adaptasi) pokoke semangat enggak boleh turun. Yupsz,hari ini kita bakalan outbound di tempat indah yang aku ceritain sebelumnya. Eniwei,aku lupa kemaren ngumumin ke anak-anaknya buat pake baju olahraga (maafkan aku nak) walhasil anak kelas satu pada pake seragam sekolah sementara kelas yang lain pada pake baju olahraga,but beberapa anak rumahnya deket jadi mereka ganti baju olahraga dulu.


Perjalanan menuju tempat emang hebring banget apalagi barengan sama anak-anak. Awalnya aku ngerasa enggak fit dan bener-bener cape tapi wow ngeliat senyuman dan semangat mereka (meski salah kostum) cape itu LANGSUNG menguap seketika dan berhubung ngatur anak kelas satu itu bukan perkara yang mudah,jadi musti rada kreatif biar bikin mereka tetep tertib selama perjalanan.

Selama perjalanan rombongan kelas satu berasa paling heboh,ditambah lagi aku yang emang dari sononya toa banget nyanyi-nyanyi kenceng-kenceng (mumpung enggak ada adeku yang larang dan protes,karena kata dia kalau aku nyanyi jatuhnya jadi kaya ngedenger lagu dangdut =_____=) ya maksudku nyanyi-nyanyi biar mereka enggak pada boring aja gitu selama perjalanan,ya apan lokasinya juga jauh banget ngalahin jarak kosanku ke Fapet ditambah jalanan terjal yang makin sini makin nanjak sehingga pas hampir mau nyampe tempat tujuan kebanyakan anak udah pada mulai bilang “Ibu cape,istirahat dulu ya” dan langsung aku jawab “Oke” terus dilanjutin dalam hati “YESSSS” dan istirahatpun berlangsung cukup singkat sekitar dua menit.

Sesampainya di lokasi,semua anak dengan insting bermainnya yang SANGAT KUAT mereka langsung mencar sana-sini dan amplop bikin aku makin toa dan bingung ngumpulin mereka lagi,well pada akhirnya anak-anak berhasil dihandle juga karena eh karena kita jelasin lagi kalau kita juga ada beberapa games dan tentunya ngedenger kita bakalan main games bener-bener bikin anak penasaran.


Games pertama itu kipas bola. Jadi rencananya tujuan games ini tuh biar bikin anak mulai terbiasa bersaing secara teamwork dan berhubung yang handle kelas 2 cuman 1 orang karena yang satunya lagi ujian jadinya games kelas 1 dan 2 digabung. Games kipas bola itu mainnya pertim,jadi satu tim isinya sekitar 6 anak. Satu anak megang satu kipas,nah nanti kipas itu buat ngipasin balon biar nyampai gawang so anak yang baris paling ujung bertugas ngipasin balon sampai ke gawang,jadi siapa yang duluan masukin balon ke gawang dia yang menang.


Games kedua,yaitu lomba sarung. Jadi setiap anak berbaris,dan ada satu sarung yang harus nyampe dari ujung ke ujung dengan cara masukin badan ke sarung dengan syarat tangannya enggak boleh lepas. Sela ke dua games berlangsung anak-anak bener-bener antusias dan karena anak kelas satu digabung sama anak kelas dua jadinya aku mulai kenal sama anak kelas dua juga yang ternyata emang lucu-lucu banget.


Yu kenalan sama kelas dua ^^

Pertama Wismar. Sebenernya aku udah liat dia kemaren pas ngisi dongeng di kelas terbuka. Wismar itu orangnya pinter,aktif,cepet tanggap,pokoknya kalau kita kasih instruksi dia itu langsung ngerti dan langsung ngejalanin apa yang kita perintahkan,dan Wismar itu ganteng lho ehehe. Kedua Reza,entah kenapa Reza itu sering banget nongol di depan aku,pokoknya pas main games dia langsung ada aja di kelompok yang aku handle,kalau aku ngasih instruksi dia jawab dengan gaya yang mirip banget aku lakukan pas ngasih instruksi,eniwei orangnya tengil banget deh meski rada sedikit caper. Reza itu lucu banget orangnya,apalagi kalau udah senyum beuh itu giginya yang berbentuk gawang akan terlihat dengan sangat indah ehehehe.

 Wismar (yang pake baju hijau)

Reza

Selesai games kita ngumpul buat makan bekal masing-masing yang dibawa dari rumah tapi tiba-tiba ada orang yang nyamperin kita dan bilang “Didi ILANG” amplop,ngedengernya aja udah bener-bener SYOK,pantesan aja selama games dia ga nongol-nongol. Di satu sisi pengen juga ikutan ngiterin bukit nyari Didi,tapi lha terus siapa yang handle anak-anak dan jagain tas mereka,well aku cuman bisa kirim do’a aja semoga anak spesial itu biasa ditemukan.

Kak Bagas sebagai ketua yang biasanya ngakak-ngakak ga ketulungan tiba-tiba jadi serius plus bingung ngadepin masalah hilangnya Didi begitupun anak cowo yang lainnya plus dibantu guru olahraga semua pada nyari Didi dan nyebar ke desa dan sekitar bukit,semua bingung,begitupun orangtua yang nganter anak yang enggak kalah panik dan heboh. Eniwei semua berharap Didi SECEPATNYA bisa ditemukan.

Sekitar dua puluh lima menit kemudian,Kak Bagas nyamperin kita dengan nafas yang ngos-ngosan dan bilang “Didi udah ketemu” dan ces.....,perkataan itu emang yang paling kita tunggu-tunggu. Jadi ceritanya Didi itu lagi anteng aja gitu main di jalan yang mau ke rumahnya,ya namanya juga anak katanya pas disamperin yang kitanya udah panik eh dia mah terus aja asik main sendiri (euleuh). Karena hilangnya Didi itulah aku dan Lia bener-bener banyak dapet pelajaran yang intinya kalau kita mau ngasih games kita musti ngelibatin semua anak dalam satu permainan,jangan sampai anak itu ada jeda dan waktu kosong buat ga main alias cuman jadi penonton aja.

 ekspresi kak Bagas setelah Didi ditemukan -__-
  Zain murid favorit kelas 1

18 Juli 2012

Hilangnya Didi bener-bener banyak banget ngasih pelajaran,utamanya kita harus bener-bener bikin games yang mateng apalagi buat anak-anak kelas satu SD yang notabenenya murid-murid SD ini enggak semuanya ngerasain PAUD or TK ditambah lagi dengan keadaan orangtua yang bener-bener minimalis yang kalau boleh jujur dengan kondisi kaya gini handle anaknya juga musti ekstra karena kita ngarahin anak-anak yang mayoritasnya berasal dari keluarga yang enggak respek banget sama yang namanya pendidikan,sementara kalau aku sendiri pengalaman jadi guru privat yang yah pastilah anak yang berasal dari keluarga berada,meski aku juga jadi guru di Sanggar Juara yang latar belakangnya enggak jauh beda sama anak-anak ini tapi seenggaknya ngisi ngajar di sanggar kan bisa keitung sebulan sekali.


Rencananya hari ini kita ada rencana buat pertanian kreatif dan main di luar lagi (karena masih jadwal sekolah non formal) tapi berhubung kejadian kemaren jadi lokasi lapangan kita ubah enggak di bukit lagi,tapi di lapangan yang enggak jauh dari sekolah dan jalan yang ditempuh enggak seberliku lokasi kemaren. Eniwei meski lokasi dibuat lebih dekat dengan sekolah,jadinya anak-anak kebanyakan lebih deket untuk ‘pulang’ ke rumah ya mereka enggak pulang gitu aja sih,tapi ampun mereka pagi-pagi jadinya pada balik buat minta uang lebih buat JAJAN dan yang bikin aku syok pagi-pagi mereka udah jajan es....ampun tuh perut apa enggak sakit ya? Nah,karena beberapa anak ngomporin jajan jadinya anak lain pada sirik-sirikan pengen jajan juga,lha tapi kan ga mungkin kita ijinin mereka buat jajan,so kita dengan pasang tampang jutek nyuruh mereka buat taruh jajanan dan bentuk lingkaran dengan tujuan mengembalikan fokus dan menjalin kebersamaan.

Berhubung Prisca yang megang kelas dua lagi ga ada,jadinya Lia di transfer buat nemenin Tika megang kelas dua,eniwei untungnya Bu Murni (wali kelas kelas satu) dateng dan bersedia buat jadi partner aku. Sebelum masuk games seperti yang aku bilang tadi kita bentuk lingkaran sambil nyanyi-nyanyi baru setelah Bu Murni siap kita mulai games angka,jadi ceritanya setiap anak dilombain buat cepet-cepet ngambil angka yang dibilang Bu Murni,yang duluan nyampe ke tempat awal dia yang menang. Oh iya lupa,pertanian kreatif kita yaitu menanam bayam.

Selesai games (namanya juga anak-anak) anak-anak pada makan makanan bekelnya,dan berhubung kelas satu itu ibu-ibunya pada dateng jadi gabung gosip deh sama ibu-ibu,ya gosipnya sih seputar masalah sekolah juga,dimulai dari yang ngeluh dengan pungutan sekolah yang enggak jelas juntrungnya sampai ngebangga-banggain anaknya yang pas TK aja udah pinter banget. Acara pun diakhiri dengan duduk melingkar dan meriview angka-angka dari satu sampai sepuluh.




Sepulang sekolah,kita ada kumpul dulu buat ngerapatin acara penyuluhan ibu-ibu yang jatuh pada hari pertama puasa yaitu hari jumat dan sorenya kita kesekolahan lagi buat sekolah terbuka dengan tujuan menjaring anak-anak buat ikutan lomba yang diadain sama anak-anak UIN Jakarta,so anak didik kita enggak boleh kalah dong sama anak didiknya UIN ehehehe. Berhubung ruang perpusnya dipake kelas empat jadi kita ngalah di PAUD. Anak-anak bener-bener antusias mewarnai,ada yang warnanya nabrak sana nabrak sini hingga ada yang warnanya itu-itu aja,dan inilah hasil keputusan kita


Perwakilan kelas 1
Zain,Nabila,dan Sari

Kelas 2
Wismar,Sa’diah,dan April

Kelas 3
Ade dan Sinta

Oleh karena itu,orang-orang terpilih ini setiap pagi jam delapan wajib dateng ke sekolah buat latihan mewarnai.

Curhat temen-temen IM

Seperti biasa setelah sekolah terbuka selesai kita suka ngumpul dulu di ruang perpus,ntah itu mau ngerapatin rencana besok,atau cuman sekedar sharing pengalaman-pengalaman lucu. Curhatan yang paling lucu itu curhatan yang handle kelas enam yang dipegang oleh Avina dan Deden. You know anak seumuran kelas enam itu lagi masa-masanya puber awal,dan cerita lucu ini dateng dari Deden pak guru ganteng dengan ciri khas alis naik ke atas yang jadi idola bukan hanya murid-muridnya tapi ibu-ibu di kampung pos. Dimulai dari pas kemaren ibu-ibu tetangga rumah Pak Sitorus yang nitip salam buat Deden yang katanya ganteng banget sampai kelakuan murid-murid cewe yang asli pas diceritain pengen ngakak guling-guling. Jadi ceritanya Deden itu habis wudhu otomatis dong kacamatanya dibuka,nah terus ada anak cewe nyamperin dia dan bilang “Tuh kan bapa lebih cakep kalau kacamatanya dibuka,pak boleh colek dong” dan tuh anak langsung nyolek dagunya Deden coba (aih geli banget gak ciiiiin) belum lagi tragedi pura-pura jatuh dan anaknya bilang “Pak,aku jatuh sakit nih,tolongin dong” dan Deden syok juga ngeliatnya,tapi dia keburu sadar dan bilang “Udah bangun aja kamu bisa kok sendiri” dan Avina sebagai partner yang ngeliat langsung ketawa geli dan berasa geuleuh banget sampai-sampai Deden ngeluarin statment “Buat IM tahun depan,yang handle anak kelas enam jangan ada cowo,udah cewe aja” dan yang enggak kebayang hari Jumat pas penyuluhan ibu-ibu Deden mau jadi mc dan katanya lagi mau pake kemeja slim plus dasi kupu-kupu,ampun bakalan jadi most wanted boy dong di Kampung Pos ahahaha =D.

Deden beserta murid kelas 6 tercinta


So ceritanya segitu dulu aja ya,nanti kita sambung lagi....







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ. Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D. Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha ker

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap 🙊 Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan